Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ronald Koeman Resmi Ditunjuk Jadi Pelatih Barcelona

Ronald Koeman resmi mulai bertugas sebagai pelatih kepala runner-up La Liga Spanyol FC Barcelona. Dia meninggalkan kursi pelatih Timnas Belanda.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 19 Agustus 2020  |  18:12 WIB
Ronald Koeman Resmi Ditunjuk Jadi Pelatih Barcelona
Ronald Koeman pelatih baru Barcelona. - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ronald Koeman ditunjuk sebagai pelatih kepala baru Barcelona 2 hari setelah klub itu memecat Quique Setien Solar.

Lelaki berusia 57 tahun itu meninggalkan perannya sebagai pelatih Timnas Belanda, dengan 2 tahun tersisa di kontraknya, untuk menandatangani kontrak berdurasi 2 tahun dengan raksasa Spanyol.

Dia bermain untuk Barcelona antara 1989 dan 1995, membantu mereka meraih empat gelar liga dan Piala Eropa. Dia bermain dalam 192 pertandingan untuk Blaugrana dengan mengontribusi 67 gol.

Klub Katalan itu finis di peringkat kedua di La Liga musim 2019–2020, gagal meraih satu trofi pun untuk pertama kalinya sejak 2007–2008.

Mereka berselisih 5 poin di belakang juara La Liga Real Madrid dan menelan kekalahan 2–8 yang sangat memalukan dari Bayern Munchen di perempat final Liga Champions pekan lalu yang memuncak dengan pemecatan Setien pada Senin (17/8/2020).

Klub juga mengumumkan Ramon Planes sebagai direktur teknik baru. Dia adalah asisten Eric Abidal, yang dipecat sebagai direktur olahraga pada Selasa (18/8/2020).

Sebagai pemain, Koeman memiliki 78 caps bersama Timnas Belanda dengan mencetak 14 gol pada rentang waktu 1982 hingga 1994. Dia menjadi bagian skuad Oranje ketika tampil sebagai juara Piala Eropa 1988.

Dia selalu bermain untuk klub-klub besar. Barcelona menjadi satu-satunya klub yang diperkuatnya di luar Belanda. Empat tim besar Belanda yang pernah memanfaatkan jasanya adalah Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven, Feyenoord Rotterdam, dan Groningen, tempatnya memulai karir pemain profesional pada 1980.

Sebagai pelatih kepala, dia memulai karir pada 2000 di Vitesse Arnhem setelah menjadi asisten pelatih di Timnas Belanda dan Barcelona.

Sebelum 2 tahun lalu mulai menukangi Timnas Belanda, Koeman pernah membesut sejumlah klub besar sebagai pelatih kepala yaitu Ajax, PSV, Feyenoord, AZ Alkmaar, Benfica, Valencia, Southampton, dan Everton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Barcelona Liga Spanyol timnas belanda

Sumber : BBC

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top