Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

70 Persen Pendukung Barcelona Tak Senang Penunjukan Ronald Koeman

Ronald Koeman, kandidat kuat pengganti Quique Setien sebagai pelatih kepala Barcelona, ternyata tidak mendapatkan respons positif dari para pendukung runner-up La Liga Spanyol tersebut.
Ronald Koeman/The Independent
Ronald Koeman/The Independent

Bisnis.com, JAKARTA – Ronald Koeman akan dikukuhkan sebagai pelatih baru Barcelona menggantikan Quique Setien Solar yang dipecat, tetapi lebih dari 70 persen penggemar klub Katalan itu ternyata tidak senang dengan penunjukan mantan pemain Timnas Belanda tersebut.

Jajak pendapat online yang berlangsung di El Mundo Deportivo—yang menarik sebagian besar pembaca dari penggemar Barca—bertanya kepada pendukung apakah mereka akan menyetujui penunjukan adik kandung sesama eks gelandang Timnas Belanda Erwin Koeman itu.

Ronald Koeman menyampaikan salah satu momen paling terkenal bersama Blaugrana ialah ketika dia mencetak gol kemenangan di final Liga Champions 1992 melawan Sampdoria, yang merupakan gelar pertama Barca dalam kompetisi tersebut.

Lelaki berusia 57 tahun itu kini melatih Timnas Belanda, peran yang diperkirakan bakal dia tinggalkan setelah setuju untuk menjadi orang baru di kursi panas Camp Nou.

Namun, lebih dari 70 persen dari 11.000 tanggapan atas pertanyaan apakah dia akan menjadi penunjukan yang kuat di klub, ternyata bereaksi negatif terhadap berita tersebut.

Setien diberhentikan oleh Barcelona setelah klub mengadakan rapat dewan yang luar biasa menyusul tersingkirnya Liga Champions yang memalukan akibat dihajar juara Jerman Bayern Munchen dengan skor 2–8 di babak perempat final.

Ronald Koeman bermain untuk Barcelona pada 1989 hingga 1995 dengan jumlah pertandingan mencapai 192 dan mengontribusi 67 gol.

Sebagai pemain, dia memiliki 78 caps bersama Timnas Belanda dengan mencetak 14 gol pada rentang waktu 1982 hingga 1994. Dia menjadi bagian skuad Oranje ketika tampil sebagai juara Piala Eropa edisi 1988.

Dia selalu bermain untuk klub-klub besar. Barcelona menjadi satu-satunya klub yang diperkuatnya di luar Belanda. Empat tim besar Belanda yang pernah memanfaatkan jasanya adalah Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven, Feyenoord Rotterdam, dan Groningen, tempatnya memulai karir sebagai pemain profesional pada 1980.

Sebagai pelatih kepala, dia memulai karir pada 2000 di Vitesse Arnhem setelah menjadi asisten pelatih di Timnas Belanda dan Barcelona.

Sebelum 2 tahun lalu mulai menukangi Timnas Belanda, Koeman pernah membesut sejumlah klub besar sebagai pelatih kepala yaitu Ajax, PSV, Feyenoord, AZ Alkmaar, Benfica, Valencia, Southampton, dan Everton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Football Espana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper