Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDONESIA SUPER LEAGUE: Mampu Gulung Persib, Sriwijaya FC Naik ke Posisi 5

BISNIS.COM, JAKARTA—Sriwijaya FC berhasil mengalahkan Persib Bandung dengan skor tipis 2-1 dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2012/2013, Sabtu malam (9/3/2013).

BISNIS.COM, JAKARTA—Sriwijaya FC berhasil mengalahkan Persib Bandung dengan skor tipis 2-1 dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2012/2013, Sabtu malam (9/3/2013).

Dengan kemenangan tersebut, Sriwijaya naik ke peringkat lima klasemen sementara dengan nilai 17 dari 10 laga yang telah dijalaninya. Sementara itu, Persib masih menduduki peringkat ke-10 dengan 12 poin dari sembilan pertandingan.

Bermain di kandang sendiri, Stadion Jakabaring, Palembang, Sriwijaya langsung mengambil inisiatif serangan di awal laga ini. Kondisi tersebut ditambah dengan dukungan suporter masyarakat Sumatra Selatan.

Kubu Persib tak mau ketinggalan untuk menyerang sehingga silih serang pun terjadi sepanjang 10 menit babak pertama.

Striker yang baru direkrut, Sergio Van Dijk, memecah kebuntuan setelah berhasil mencetak gol pada menit ke-7. Sebuah awal yang baik bagi Persib. Umpan manis Atep dari sisi kiri berhasil dikonversikan pemain bernomor punggung 10 itu menjadi gol dengan tandukan mautnya.

Tertinggal 0-1, tuan rumah langsung agresif untuk menyamakan kedudukan. Tak lama berselang, Tantan berhasil mencetak gol pada menit ke-11.

Penyerang mungil tersebut berhasil memanfaatkan bola muntah dari tendangan bebas Hilton Moreira yang tidak bisa ditangkap dengan sempurna oleh kiper Persib Shahar Ginanjar.

Skor imbang 1-1 membuat pertandingan semakin seru. Serangan demi serangan dipertontonkan oleh kedua kesebelasan sehingga membuat penonton semakin terhibur.

Pada menit ke-12, tendangan keras Tony Sucipto dari luar kotak penalti nyaris membuat Maung Bandung—julukan Persib—unggul. Namun, bola berhasil ditepis oleh penjaga gawang Sriwijaya Rifky Mokodompit sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut bagi kesebelasan tim tamu.

Tiga menit berselang, tim tuan rumah membalas dengan peluang yang diperoleh Ramdani Lestaluhu. Akan tetapi, Shahar Ginanjar berhasil menepis tendangan keras dari luar kotak penalti itu.

SFC berbalik unggul 2-1. Pada menit ke-25, Boakay Eddy Foday yang lolos dari jebakan offside berhasil memanfaatkan kelengahan lini belakang Persib. Tendangan kaki kirinya yang memaksimalkan sodoran Hilton mampu dilanjutkan dengan gol.

Setelah mampu mengawali laga dengan cukup baik, Persib sedikit kesulitan dalam membongkar pertahanan ketat Laskar Wong Kito sejak menit ke-25.

Pada menit ke-31, eksekusi tendangan bebas Mahyadi Panggabean sedikit di luar kotak penalti Persib berhasil ditepis oleh Shahar Ginanjar dengan gemilang sehingga skor 2-1 masih belum berubah.

Anak asuhan Kashartadi terus menekan pertahanan Persib Bandung. Pada menit ke-39, tendangan dilakukan oleh Fakhrudin dari luar kotak penalti, tetapi sayang arahnya masih melambung tinggi di atas mistar gawang.

Di babak kedua, kedua kesebelasan tetap mempertontonkan permainan dalam tempo tinggi. Maung Bandung gencar melancarkan serangan ke jantung pertahanan tuan rumah.

Pada menit ke-50, bermula dari kemelut di depan gawang Sriwijaya, Kenji Adachihara melepaskan tendangan gunting. Sayang, tendangannya masih belum mengarah ke gawang Rifky.

Empat menit berselang, peluang kembali diperoleh Atep dkk. Firman Utina mengeksekusi tendangan bebas. Bola diarahkan langsung ke jantung pertahanan tuan rumah, namun gagal dijangkau oleh Kenji.

Bahkan, penjaga gawang Rifky membuat kesalahan dalam menghalau umpan silang Atep pada menit ke-56. Beruntung, bola jauh dari jangkauan Sergio Van Dijk.

Sriwijaya FC bukan tanpa peluang di babak kedua ini. Mereka berusaha keluar dari tekanan. Beberapa kali serangan sempat dilancarkan pemain tuan rumah, tetapi tidak membahayakan gawang Shahar Ginanjar.

Pada menit ke-66, Ahmad Jufriyanto melesakkan tendangan jarak jauh. Hanya saja bola masih menyamping dari target.

Setelah sempat merendah, tempo permainan kembali meningkat. Kedua tim silih berganti menyerang. Adapun bola lebih banyak berkutat di lini tengah.

Meski terdapat sejumlah peluang emas dari kedua kesebelasan, hingga laga usai skor tetap tidak berubah 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Susunan Pemain

Sriwijaya FC: Rifky Mokodompit, Fandi Mochtar, Abdurrahman, Dodok Anang, Mahyadi Panggabean, Ponaryo Astaman, Ahmad Jufriyanto, Ramdani Lestaluhu, Tantan, Hilton Moreira, Boakay Eddy Foday

Persib Bandung: Shahar Ginanjar, Tony Sucipto, Maman Abdurrahman, Abanda Herman, Supardi, Atep, Firman Utina, Hariono, M Ridwan, Sergio Van Dijk, Kenji Adachihara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper