Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Timnas Indonesia vs Libya: Shin Tae-yong Ingin Pantau Kondisi Pemain

Laga timnas Indonesia vs Libya menjadi momentum untuk pelatih Shin Tae-yong mengontrol kondisi pemain.
Persiapan jelang uji coba timnas Indonesia vs Libya di Turki/PSSI.
Persiapan jelang uji coba timnas Indonesia vs Libya di Turki/PSSI.

Bisnis.com, JAKARTA - Laga timnas Indonesia vs Libya menjadi momentum untuk pelatih Shin Tae-yong mengontrol kondisi pemain.

Timnas Indonesia akan menghadapi timnas Libya dalam laga uji coba di Mardan Sports Complex, Turki, Selasa (2/1/2024) malam.

Laga tersebut merupakan uji coba pertama timnas Indonesia dalam pemusatan latihan atau training camp (TC) di Antalya, Turki, jelang Piala Asia 2023. Timnas Indonesia telah memulai persiapan di Turki sejak 21 Desember 2023.

Memasuki pekan kedua TC di Turki, Skuad Garuda akan melakukan uji coba kontra Libya. Laga melawan Libya akan berlangsung sebanyak dua kali yakni pada 2 dan 5 Januari 2024.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ingin melihat sejauh mana timnya siap berlaga di Piala Asia 2023 Qatar yang akan berlangsung pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

"Jadi [lewat uji coba ini] kami bisa kontrol kondisi pemain. Fokus kami yang pertama memang di Piala Asia 2023. Jadi segala sesuatunya akan difokuskan ke situ," kata Shin Tae-yong dilansir dari laman PSSI.

Ihwal pemilihan Libya sebagai lawan uji coba, Shin Tae-yong mengaku tidak ada alasan khusus. Juru taktik asal Korea Selatan itu hanya mencari tim yang tersedia untuk bisa diajak bertanding.

Jika melihat ranking FIFA pada bulan Desember 2023, Libya menempati posisi 126 sedangkan timnas Indonesia di peringkat 147.

"Jadi sebetulnya tidak ada alasan khusus memilih Libya, memang di tahun baru ini susah mencari lawan tanding, tapi Libya sebagai tim dari Afrika mau datang untuk melawan kita di Turki di tanggal 2 dan 5 Januari ini," tutur Shin Tae-yong.

Selain dua kali melawan Libya, timnas Indonesia masih punya satu agenda uji coba lagi melawan Iran. Laga itu akan digelar di Qatar pada 9 Januari 2024.

Dalam uji coba kontra Libya, timnas Indonesia dipastikan tanpa Shayne Pattynama yang harus pulang ke Belanda karena ibunya tengah sakit.

Dalam sesi latihan pada Senin (1/1/2024), Shayne sudah tidak bersama tim dan kembali ke Belanda.

"Ada masalah di kesehatan ibunya Shayne, jadi akhirnya dia dikembalikan ke Belanda," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menuturkan bahwa dirinya sudah memikirkan matang-matang keputusannya tersebut. Bagi dia, yang terpenting Shayne bisa bertemu dan memastikan kondisi ibunya terlebih dulu secara langsung.

"Saya mengizinkan Shayne kembali ke Belanda dulu supaya psikologisnya lebih stabil," tutur Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong pun sudah mendapatkan kabar terbaru terkait kondisi ibu Shayne Pattynama. Dia memastikan bahwa Shayne akan kembali bergabung dengan tim secepatnya.

"Shayne sudah mengabarkan bahwa ibunya tidak apa-apa, jadi dia akan kembali secepatnya," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Laga pertama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 adalah menghadapi Irak pada 15 Januari. Kemudian, Skuad Garuda bertemu Vietnam pada 19 Januari dan terakhir melawan Jepang pada 24 Januari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper