Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Arjen Robben Batal Pensiun, Pulang ke Groningen

Pemain bintang Belanda Arjen Robben membatalkan keputusannya untuk pensiun dan bergabung kembali dengan Groningen, tempatnya memulai karir profesional 20 tahun silam.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 28 Juni 2020  |  10:33 WIB
Arjen Robben - Twitter@fcgroningen
Arjen Robben - Twitter@fcgroningen

Bisnis.com, JAKARTA – Arjen Robben akhirnya benar-benar membatalkan keputusannya untuk pensiun sebagai pemain dan akan bermain untuk Groningen musim depan.

Robben menggantungkan sepatunya pada akhir musim lalu setelah kontraknya dengan Bayern Munchen berakhir, tetapi pemain berusia 36 tahun itu selalu mengisyaratkan dia bisa kembali bermain.

Pada awal bulan lalu, Robben membuka kemungkinan untuk bermain dan klub Brasil Botafogo, dua kali menjadi juara Campeonato Brasileiro Serie A, liga teratas di Brasil, pada 1968 dan 1995, menyatakan tertarik untuk memboyongnya.

Namun, sekarang Robben bergabung kembali dengan klub masa kecilnya Groningen, tempatnya memulai karir profesional, dengan kontrak berdurasi setahun.

"Sekarang ini misi saya. Saya sedang mengerjakan comeback sebagai pemain bola. Saya belum tahu apakah ini akan berhasil. Yang saya tahu adalah bahwa itu akan tergantung pada komitmen dan motivasi saya. Sekarang impian saya adalah bermain lagi dengan kostum Groningen,” ujarnya di laman resmi Groningen yang dikutip Football Oranje pada Minggu (28/6/2020).

Robben memulai karier profesional pada 2000 di Groningen dan setelah melalui 52 pertandingan, berselang 2 tahun kemudian hengkang ke PSV Eindhoven, salah satu dari tiga klub terbesar sepanjang sejarah sepak bola Belanda, selain Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam.

Dia merantau ke London, Inggris, untuk merumput bersama Chelsea pada 2004. Setelah tiga musim, dia pindah ke Spanyol untuk berseragam Real Madrid.

Pada 2009 dia ke Jerman untuk merumput bersama klub terbesar di Bundesliga, Bayern Munchen. Setelah melewati 10 musim bersama tim Bavaria tersebut, bermain dalam 201 pertandingan dengan mengontribusi 99 gol.

Robben memiliki 96 caps untuk Timnas Belanda dengan 37 gol. Dia berperan penting ketika Belanda menjadi runner-up Piala Dunia 2010 dan 4 tahun kemudian finis di posisi ketiga Piala Dunia 2014. Dia juga menjadi bagian dari skuad Belanda yang meraih peringkat ketiga Euro 2004.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bayern Munchen timnas belanda eredivisie

Sumber : Football Oranje

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

BisnisRegional

To top