Hasil Liga 1: PS Tira Taklukkan Persija, Persipura Menang Pertama

PS Tira-Persikabo belum terkalahkan di Liga 1 Indonesia 2019 usai melumat juara musim lalu Persija Jakarta dengan skor 5 - 3.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 16 Juli 2019  |  19:16 WIB
Hasil Liga 1: PS Tira Taklukkan Persija, Persipura Menang Pertama
Penyerang Persija Jakarta Marko Simic mencetak hattrick, tetapi tak menyelamatkan Macan Kemayoran dari kekalahan vs PS Tira-Persikabo. - Antara/Hafidz Mubarak

Bisnis.com, CIBINONG – PS Tira-Persikabo belum terkalahkan di Liga 1 Indonesia 2019 usai melumat juara musim lalu Persija Jakarta dengan skor 5 - 3 di Stadion Pakansari di Kota Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (16/7/2019) dalam matchday kesembilan.

Sementara itu, Persipura Jayapura berhasil mencatat kemenangan perdana di Liga 1musim ini dengan mengatasi Madura United 1 - 0 di Stadion Mandala di Kota Jayapura, Papua.

Gol-gol PS Tira-Persikabo ke gawang Persija dihadirkan oleh penyerang Loris Arnaud (9'), Osas Saha (22', 64'), Muhammad Rifad Marasabessy (43'), dan penalti Ciro Alves Ferreira (59').

Sementara tiga gol Persija diborong oleh penyerang Marko Simic pada menit ke-7, ke-33 dan ke-71.

Hasil itu membuat Tira Persikabo menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Liga 1 Indonesia 2019 dan kokoh di puncak klasemen sementara.

Kedua tim bermain lambat di 5 menit awal pertandingan. Situasi berubah ketika pada menit ke-6, umpan silang dari Riko Simanjuntak berhasil disundul masuk ke gawang oleh Marko Simic dan membuat Persija, yang dalam laga itu menurunkan bek kiri Muhammad Rezaldi Hehanusa untuk pertama kali usai cedera panjang, unggul 1 - 0.

Skor itu membuat tensi pertandingan meninggi. Hasilnya, 2 menit kemudian Tira-Persikabo berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1 - 1 berkat sepakan Lorius Arnaud.

Tira Persikabo bahkan unggul 2 - 1 sejak menit ke-22 setelah Osas Saha mengonversi umpan Ciro Ferreira menjadi gol.

Persija yang terus berupaya untuk mendapatkan gol kedua berhasil melakukannya di menit ke-33 berkat gol penalti Simic.

Penalti diberikan oleh wasit setelah pemain bertahan Tira melakukan pelanggaran terhadap Riko Simanjuntak.

Akan tetapi, situasi imbang hanya bertahan 10 menit karena Tira Persikabo kembali unggul berkat gol sundulan Muhammad Rifad Marasabessy di menit ke-43. Rifad memanfaatkan dengan baik umpan silang dari Osas Saha. Skor 3 - 2 bertahan hingga rehat.

Pada babak kedua, Ciro Alves Ferreira memperlebar keunggulan Tira Persikabo menjadi 4 - 2 setelah melesakkan gol melalui titik putih di menit ke-59.

Tira Persikabo semakin tak terbendung. Pada menit ke-64, penyerang yang bermain untuk Persija pada 2018 Osas Saha menyumbangkan gol keduanya dalam laga tersebut, lagi-lagi berawal dari umpan Ciro Alves.

Kedudukan 5 - 2 tidak membuat Persija putus asa. Para pemain tim berjuluk Macan Kemayoran pun membuat gol ketiganya melalui sepakan penalti Marko Simic di menit ke-71. Tidak ada gol tambahan lain setelahnya. Skor tetap 5-3 untuk kemenangan Persikabo.

Dengan hasil itu, PS-Tira Persikabo mengukuh diri di posisi teratas dengan koleksi 19 angka hasil lima kali menang dan empat seri, sedangkan Persija tertahan di slot ke-16 dengan nilai 6.

Di laga lain p-ada Selasa ini, Persipura Jayapuran men undukkan tamunya yang datang dari Jawa Timur, Madura United, dengan skor tipis 1 - 0.

Dalam pertandingan matchday kesembilan yang dipimpin oleh wasit Fariq Hitaba, satu-satunya gol tuan rumah berjuluk Mutiara Hitam dilesakkan kapten tim Boaz Solossa pada menit ke-8.

Ini merupakan kemenangan Persipura sepanjang Liga 1 2019 dan sebaliknya kekalahan pertama kali Madura United pada musim ini.

Dengan tambahan 3 angka, Persipura keluar zona degradasi, mengisi setrip ke-15 dengan nilai 7, sedangkan Madura United tetap di posisi ketiga dengan nilai 14.

Tambahan catatan atas hasil pertandingan ini ialah kesuksesan pelatih "baru tapi lama" Jacksen F. Tiago memberi kemenangan bagi tim kesayangan warga Papua, setelah dia menggantikan pelatih terdahulu Luciano Leandro yang juga berasal dari Brasil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
persipura, persija, Madura United, Liga 1, Tira Persikabo

Sumber : Liga-Indonesia.id, Soccerway, & Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top