Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Naturalisasi Dikebut, PSSI Targetkan Hilgers dan Reijnders Bisa Main Oktober

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut pihaknya akan segera mendaftarkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders setelah menjalani proses naturalisasi.
Erick Thohir targetkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bisa tampil untuk Timnas Indonesia pada Oktober / Instagram @erickthohir.
Erick Thohir targetkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bisa tampil untuk Timnas Indonesia pada Oktober / Instagram @erickthohir.

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut pihaknya akan segera mendaftarkan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders setelah menjalani proses naturalisasi.

Erick Thohir mengungkapkan perkembangan terkait dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Erick menargetkan Hilgers dan Reijnders dapat tampil dalam lanjutan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C.

Pada Oktober mendatang, Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Bahrain dan China dalam ajang tersebut.

Duet pemain dari Eredivisie (Liga Belanda) itu, ditargetkan dapat menyelesaikan proses naturalisasi dalam waktu dekat.

Dengan demikian, PSSI bisa segera mendaftarkan Hilgers dan Reijnders pada rentang 20-24 September.

Hal ini disampaikan Erick Thohir saat ditemui awak media usai menyaksikan final sepak bola putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 antara DKI Jakarta dan Jawa Barat di Stadion Mini Pancing, Deli Serdang, Sabtu (14/9/2024).

"Tanggal 20 sampai 24 September kita masih ada waktu 4-5 hari untuk coba me-register [Mees Hilgers dan Eliano Reijnders]," ucap Erick Thohir dilansir dari Antara.

Erick mengatakan, jika naturalisasi Hilgers dan Reijnders lewat dari tanggal 24 September, keduanya tak bisa bermain pada Oktober mendatang.

Erick optimistis target ini tercapai setelah naturalisasi Hilgers dan Reijnders mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, dan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas.

Selanjutnya kedua pemain itu akan menjalani rapat bersama wakil Komisi X DPR RI pada 17 September mendatang.
Usai agenda tersebut, Hilgers dan Reijnders akan melanjutkan proses naturalisasi di Komisi III DPR RI.

Setelah mendapatkan persetujuan dari Komisi X dan III DPR RI, proses naturalisasi kedua tim akan berlanjut di Kementerian Sekretariat Negara (Mensesneg) untuk mendapatkan surat keputusan dari Presiden Jokowi dan kemudian menjalani sumpah dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

"Kita tunggu minggu depan rencana DPR akan mendukung. Pak Presiden sudah tanda tangan, Pak Menpora, Pak Supratman Menkunham sudah. Rencana DPR akan tanggal 17 nanti, lalu 19 paripurna," ucap Erick.

Kedua pemain yang akan dinaturalisasi Tim Merah Putih itu mempunyai darah Indonesia dari ibunya yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara, dan Maluku.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper