Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erick Thohir Minta Liga Bantu Urus Jadwal Demi Timnas Lolos dari Kualifikasi Ketiga Pildun 2026

Ketum PSSI meminta operator kompetisi liga untuk turut memuluskan memuluskan langkah timnas Indonesia lolos dari kualifikasi putaran ketiga Piala Dunia 2026.
Kstua Umum PSSI, Erick Thohir/Bisnis-Akbar
Kstua Umum PSSI, Erick Thohir/Bisnis-Akbar

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir meminta operator kompetisi liga untuk turut memuluskan langkah tim nasional (timnas) Indonesia lolos dari kualifikasi putaran ketiga Piala Dunia 2026.

Hal ini dia sampaikan usai menyaksikan laga penentu Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia vs Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2024).

Dalam laga tersebut, Indonesia berhasil menang 2-0 atas Filipina untuk lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

“Saya udah minta liga agar untuk FIFA Matchday itu ada 3–4 hari tim nasional bisa berkumpul. Tidak langsung 1-2 hari kumpul langsung tanding, karena ini kan kelasnya lebih tinggi lagi, liga menyanggupi dan kami sekarang lagi susun jadwal yang tepat bersama liga,” ucapnya kepada wartawan.

Lebih lanjut, pria yang juga menteri BUMN itu pun mengatakan meminta dukungan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tersebut lantaran dalam proses kualifikasi putaran ketiga akan berlangsung pada tahun ini hingga 2025 mendatang.

“Karena ini [laga putaran ketiga] kan 2025 ini masih ada di Maret, Juni ini ada 4 pertandingan terakhir. [Sedangkan, pertandingan] yang lainnya kan 6 lagi pada tahun ini,” katanya.

Menurutnya, setiap pihak memang harus saling bahu membahu untuk mewujudkan sejarah baru bagi Indonesia agar menapakkan kaki di pesta sepak bola terbesar di dunia.

Apalagi, kata Erick format penyisihan Negara yang baru kian ketat. Mengingat pada ronde ketiga nanti akan ada 18 besar Negara Asia yang akan saling memperebutkan tiket untuk berlaga di Piala Dunia 2026 mendatang

“Dari 18 tim dibagi menjadi 3 grup dan masing-masing 6. Dan ranking 1-2 grup langsung masuk ke piala dunia, untuk ranking 3-4 nanti dibagi lagi nanti jadi dua grup. Ranking 1-nya di dua grup itu masuk lagi, ya nanti ada play off [kalau enggak lolos]. Jadi masih ada 10 pertandingan habis ini,” pungkas Erick.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper