Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PSSI Pastikan Liga 1 Tetap Berjalan Meski Ada Piala Dunia U-17

Piala Dunia U-17 akan digelar 10 November-2 Desember dan pada saat yang bersamaan Liga 1 sedang berlangsung.
Ilustrasi-Sepak Bola/PFSA
Ilustrasi-Sepak Bola/PFSA

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menegaskan Liga 1 2023/2024 akan tetap berjalan sesuai rencana meskipun Indonesia ditunjuk oleh FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Piala Dunia U-17 akan digelar 10 November-2 Desember dan pada saat yang bersamaan Liga 1 sedang melangsungkan pekan ke-19 hingga pekan ke-21 dalam periode tersebut.

“Saya telepon Liga Indonesia untuk kita persiapan bagaimana caranya supaya Liga 1 bisa berjalan. Tinggal bagaimana kita kompromi supaya event ini berjalan maksimal dan Liga 1 juga berjalan maksimal. Ini kesempatan, kita bisa menyinergikan,” ucap Erick melalui konferensi pers di Jakarta, Sabtu.

Orang nomor satu di PSSI itu memastikan sudah menjalin komunikasi dengan pihak PT Liga Indonesia Baru (LIB) agar Liga 1 dan Piala Dunia U-17 bisa berjalan maksimal.

Liga 1 2023/2024 akan segera dimulai pada Sabtu (1/7) dengan laga pembuka diramaikan oleh persaingan Bali United vs PSS Sleman.

Kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia itu akan menerapkan beberapa terobosan seperti Video Assistant Referee (VAR), LED E-Board, hingga perbaikan kualitas wasit.

Sayangnya Erick mengatakan bahwa VAR yang sempat dicanangkan akan mulai dipakai pada Februari 2024, justru tidak bisa dipastikan lebih cepat penggunaannya untuk Piala Dunia U-17.

“Yang saya tahu di U-20 itu ada VAR, dan FIFA membawa sistem itu. Kalau U-17 kita belum dapat kabar, kalau ada VAR juga alhamdulillah,” ucap Erick.

“Tapi sesuai planning di Liga, kita tidak hanya harus mempersiapkan alat (untuk VAR), tapi juga persiapan SDM,” tambahnya.

Liga 1 2023/2024 akan menerapkan format kompetisi baru yaitu reguler series dan championship series.

Pada reguler series, 18 klub akan menjalani format kompetisi penuh dari 1 Juli 2023 hingga 28 April 2024.

Setelah itu, empat tim teratas format reguler series akan maju ke championship series pada 4-26 Mei 2024 dengan pranata knock-out kandang tandang untuk memperebutkan juara dan tim yang berkompetisi pada AFC Club Competition 2024/2025.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper