Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Hasil Liga 1 Indonesia: Persebaya Ditahan Imbang Persib di Gresik

Persebaya Surabaya hanya bisa bermain imbang lawan Persib Bandung 2-2 dalam lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2022/2023.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Maret 2023  |  19:26 WIB
Hasil Liga 1 Indonesia: Persebaya Ditahan Imbang Persib di Gresik
Ilustrasi-Sepak Bola. Hasil Liga 1 Indonesia: Persebaya Ditahan Imbang Persib di Gresik. - PFSA

Bisnis.com, JAKARTA - Persebaya Surabaya hanya bisa bermain imbang lawan Persib Bandung 2-2 dalam lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Senin sore.

Dua gol Persebaya tercipta dari Supriadi pada menit ke-23 dan Ze Valente menit ke-32.

Sedangkan gol balasan Persib tercipta dari gol bunuh diri Riswan Lauhin pada menit ke-77 dan David Da Silva menit ke-83.

Pada laga tersebut, kedua kesebelasan memperlihatkan permainan saling serang sejak menit awal.

Gelandang Persebaya M. Hidayat membuat spekulasi dengan melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-12, sayang tendangannya masih melambung tipis di atas mistar gawang Persib yang dikawal Teja Paku Alam.

Pergerakan bola dari kaki ke kaki yang dibangun dari belakang pertahanan Persebaya sempat memporak porandakan barisan belakang Persib, namun tendangan Sho Yamamoto pada menit ke-16 masih membentur pemain Maung Bandung.

Pada menit ke-19, pemain asal Jepang tersebut kembali mendapat peluang, sayang tendangan dari umpan Paulo Victor tersebut membentur pemain Persib sehingga hanya menghasilkan tendangan pojok.

Dari berbagai upaya serangan yang dibangun, Persebaya mampu unggul usai Supriadi mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-23.

Gol tersebut berawal dari tendangan sudut Ze Valente dan Supriadi dengan sigap menyundul bola ke arah tiang jauh sebelah kiri penjaga gawang Teja Paku Alam setelah berhasil mendahului Rachmat Irianto.

Meski sudah unggul, tuan rumah tak ingin mengendorkan serangan. Pemain Persebaya menambah daya gedornya dan giliran pemain asal Portugal Ze Valente membuat peluang pada menit ke-32 dari tendangan bebas di luar kotak penalti, yang diawali pelanggaran Rachmat Irianto terhadap Supriadi.

Persib yang tertinggal dua gol juga tidak mau mengalah. David Da Silva sempat mengancam gawang Persebaya pada menit ke-33. Penyerang tersebut membawa bola dari tengah lapangan dan menusuk sebelah kiri pertahanan Persebaya tetapi tendangannya masih bisa ditepis Ernando Ari.

Giliran Ciro Alves pada menit ke-38 membuat peluang, sayang tendangan keras dari luar kotak penalti belum mampu menggetarkan gawang Persebaya.

Pemain Persebaya yang sejak tadi mengandalkan umpan-umpan pendek kembali mendapat peluang pada menit ke-42. Ze Valente mengirim bola ke Paulo Victor tetapi wasit menanggap pergerakan pemain asal Brazil tersebut offside.

Hingga wasit meniup peluit tanda turun minum skor belum berubah untuk keunggulan tuan rumah atas Persib Bandung 2-0.

Memasuki babak kedua, Persib langsung melancarkan serangan ke pertahanan Persebaya, tetapi masih berhasil digagalkan oleh pemain belakang klub kebanggaan Arek-Arek Suroboyo tersebut.

Pada menit ke-54, Persebaya hampir kebobolan karena pemain belakang klub berjuluk Bajol Ijo tersebut bermain tidak tenang. Tetapi tendangan David Da Silva masih melebar ke kanan dari gawang yang dijaga Ernando.

Persib yang masih tertinggal terus melancarkan serangan. Kali ini, giliran Frets Butuans yang memperoleh peluang emas pada menit ke-64 karena hanya berhadapan dengan penjaga gawang Ernando Ari.

Sayang tendangannya berhasil diblok oleh kiper asal Semarang tersebut.

Hingga menit ke-74 klub asal Kota Kembang tersebut terus berupaya tampil menekan, tetapi masih belum bisa menembus pertahanan tim tuan rumah.

Namun, Persib mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-77. Riswan Lauhin mencetak gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi bola sepak pojok.

Klub yang dilatih oLuis Milla tersebut akhirnya mampu menyamakan kedudukan enam menit kemudian, tepatnya pada menit ke-83 saat David Da Silva menyepak bola masuk ke gawang mantan klubnya.

Hingga wasit asal Yogyakarta Faruq Hitaba meniup peluit panjang tanda permainan berakhir, skor bertahan imbang 2-2.

Dengan hasil imbang tersebut, Persebaya bertahan di peringkat delapan klasemen sementara dengan 39 poin dari 27 pertandingan. Sedangkan Persib juga masih menduduki peringkat dua dengan poin 46 dari 28 pertandingan.

Tim asuhan Aji Santoso tersebut kini semakin jauh dari target yang ditetapkan di awal musim yaitu berada di peringkat tiga besar.

Berikut susunan pemain Persebaya vs Persib:

Persebaya Surabaya

Ernando Ari Sutaryadi (PG), Leo Lelis, Alta Ballah, Riswan Lauhin, Arif Catur Pamungkas, M Supriadi, Alwi Slamat, M Hidayat, Ze Valente, Sho Yamamoto, Paulo Victor

Persib Bandung:

Teja Paku Alam (PG), Nick Kuipers, Dedi Kusnandar, Achmad Jufriyanto, David Da Silva, Marc Klok, Frest Butuan, Rahmat Irianto, Ricki Kambuaya, Daisuke Sato, Ciro Alves.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

persebaya persib persib bandung Liga 1 Indonesia Hasil Liga 1 Jadwal Liga 1 Klasemen Liga 1
Editor : Andhika Anggoro Wening

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    Terpopuler

    Banner E-paper
    back to top To top