Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Persija Beri Thomas Doll Privilege untuk Bentuk Kabinet Pelatih dan Susun Materi Pemain

Kebebasan diberikan manajemen Persija Jakarta kepada pelatih baru, Thomas Doll, untuk membawa gerbong staf pelatih untuk dirinya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 April 2022  |  14:45 WIB
Presiden dan Wakil Presiden Persija Jakarta, Mohamad Prapanca dan Ganesha Putra  -  Instagram Persija
Presiden dan Wakil Presiden Persija Jakarta, Mohamad Prapanca dan Ganesha Putra - Instagram Persija

Bisnis.com, JAKARTA - Kebebasan diberikan manajemen Persija Jakarta kepada pelatih baru, Thomas Doll, untuk membawa gerbong staf pelatih untuk dirinya.

Wakil Presiden Persija Jakarta, Ganesha Putra, mengatakan bahwa pihak manajemen tak melarang Thomas Doll membawa "gerbong" sendiri.

Thomas Doll disebut bakal membawa empat asisten pelatih yang akan mendampinginya membesut Persija Jakarta.

"Terkait asisten, tadi Doll menyebut akan membawa empat asisten. Satu asisten teknis, pelatih kiper, pelatih kebugaran, dan juga movement specialist," ujar Ganesha Putra di Hotel Monopoli, Jakarta, Jumat (29/4/2022).

"Semua belum tentu dari Jerman, tetapi semua adalah pilihannya," kata Ganesha.

Selain membawa asisten, Doll juga bakal turut merekomendasikan pemain asing untuk memperkuat tim Persija. Mohamad Prapanca selaku presiden klub pun memberikan lampu hijau.

"Dia juga sudah tanya kepada saya boleh bawa pemain atau tidak? Ya boleh-boleh saja. Karena kembali lagi, itu pemain asing bagus atau tidak itu kan pilihan dia. Kami kasih privilege," ujar Mohama Prapanca.

"Waktu kami pilih Thomas Doll, semua materi pemain kami kirim, bahkan yang sudah habis kontrak," kata Prapanca.

Ganesha pun menimpali bahwa pihak manajemen hanya sebatas memberikan saran dan informasi. Adapun untuk pemilihan pemain jadi ranah sang pelatih.

"Ada pemain yang memang rekomendasi dari Thomas Doll, ini jadi wujud bahwa dia memang diberikan kebebasan oleh manajemen dalam ranah-ranah yang sifatnya teknis," ujar Ganesha.

Selain itu, Doll juga akan dibantu seorang penerjemah. Meski tidak menyebut nama, Ganesha mengatakan bahwa posisi penerjemah bukan sosok baru di Persija dan turut membantu tim meraih gelar juara Liga Indonesia pada 2001.

"Musim ini salah satu asisten Persija bisa berbahasa Inggris dengan fasih dan pernah belajar di Birmingham. Profilnya kuat, mantan pemain Persija, alumnus juara Liga Indonesia 2001," ujar Ganesha.

Thomas Doll rencananya bakal bertolak ke Indonesia pada 15 Mei atau lebih cepat dari rencana awal yakni Juni. Ini dilakukan guna menghadapi tes pramusim.

Persija bakal menggunakan jasa Thomas Doll dengan kontrak tiga musim. Doll nantinya juga akan berperan sebagai manajer.

Persija resmi menunjuk Thomas Doll, yang pada tahun 2007-2008 menangani Borussia Dortmund, sebagai juru taktik baru menggantikan Sudirman.

Sebelum di Persija, Thomas Doll sudah malang melintang melatih berbagai klub baik di Eropa maupun Asia. Selain Borussia Dortmund, Doll juga pernah menangani klub-klub seperti Hamburger SV (Jerman), Hannover 96 (Jerman), APOEL Nicosia (Siprus), Glencerbirligi Ankara (Turki), Al-Hilal (Arab Saudi) dan Ferencvaros TC (Hungaria). ​​​​​

Saat bekerja di Ferencvaros, Doll membawa timnya mengoleksi beberapa trofi juara seperti tiga Piala Hungaria dan sekali juara Liga Hungaria.

Sebagai pemain, Doll pernah memperkuat tim-tim dari liga ternama Eropa misalnya Lazio, Eintracht Frankfurt, dan Hamburger SV.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

persija Liga 1 Thomas Doll
Editor : Taufan Bara Mukti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top