Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Asia Putri 2022: Timnas India Dianggap Mengundurkan Diri, Ini Penyebabnya

AFC menyebutkan bahwa akibat pengunduran diri itu, semua pertandingan yang melibatkan Timnas India di Piala Asia Putri 2022 dibatalkan dan dianggap batal demi hukum sesuai dengan Pasal 6.5.5 Peraturan Kompetisi.
Ilustrasi - Liga sepak bola./ Antara
Ilustrasi - Liga sepak bola./ Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas India dianggap mengundurkan diri dari Piala Asia Putri 2022 setelah laga kontra Taiwan yang seharusnya berlangsung Minggu (23/1/2022) kemarin tidak dapat digelar. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pun menilai India telah mengundurkan diri dari turnamen itu.

"Menyusul pembatalan pertandingan Grup A Piala Asia Wanita AFC India 2022 antara Taiwan dan India pada 23 Januari, India dianggap telah mengundurkan diri dari kompetisi sesuai dengan Pasal 4.1 dari Aturan Khusus yang Berlaku untuk Kompetisi AFC selama pandemi Covid-19," tulis pernyataan AFC pada Senin (24/1/2022).

Timnas India membatalkan pertandingan kontra Taiwan setelah 13 pemain mereka dinyatakan positif Covid-19. Mereka pun tak bisa menyusun tim dengan minimal 13 orang pemain sebagaimana disebutkan aturan kompetisi.

AFC menyebutkan bahwa akibat pengunduran diri itu, semua pertandingan yang melibatkan Timnas India dibatalkan dan dianggap batal demi hukum sesuai dengan Pasal 6.5.5 Peraturan Kompetisi.

Timnas India sebelumnya telah bermain melawan Iran dengan skor imbang 1-1. Mereka bergabung di Grup A yang juga dihuni oleh Cina dan Taiwan.

AFC juga memastikan nantinya perebutan dua tiket babak 8 besar oleh tim di peringkat ketiga masing-masing grup akan tetap menjunjung tinggi prinsip keadilan.

"Untuk menghindari kemungkinan perbedaan dalam perbandingan akhir antara semua tim peringkat ketiga, hasil pertandingan di Grup B dan C antara tim peringkat pertama, kedua dan ketiga melawan tim peringkat keempat tidak akan dihitung," tulis mereka.

Sementara Timnas Putri Indonesia berada di grup B pada ajang Piala Asia Putri 2022. Skuad Garuda Pertiwi dikalahkan Australia 0-18 pada laga perdana Jumat lalu.

Meskipun demikian, peluang Zahra Muzdalifah cs untuk lolos ke babak 8 besar masih terbuka. Syaratnya mereka harus bisa meraih kemenangan dari Thailand dan Filipina pada laga selanjutnya.

Malam ini, skuad asuhan Rudy Eka Priyambada akan menghadapi Thailand pada laga kedua babak penyisihan Grup B Piala Asia Putri 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper