Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Spurs, Milan, PSV Lolos ke Fase Grup Liga Europa

Tottenham Hotspur, AC Milan, dan PSV Eindhoven termasuk di antara tim-tim yang berhasil lolos ke fase grup Liga Europa setelah memetik kemenangan dalam rangkaian pertandingan yang digelar pada Jumat (2/10/2020) dini hari WIB.
Ujung tombak Tottenham Hotspur Harry Kane./Reuters
Ujung tombak Tottenham Hotspur Harry Kane./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Tottenham Hotspur menghabisi tamunya dari Israel Maccabi Haifa dengan skor 7–2 dalam laga play-off pada Jumat dini hari (2/10/2020) WIB untuk lolos ke fase grup Liga Europa.

Berkat hasil itu, Spurs akan mendampingi dua wakil Inggris lainnya Arsenal dan Leicester City pada undian grup yang dilakukan pada Jumat malam WIB.

Bermain di Stadion Tottenham Hotspur di London, tuan rumah membuka kemenangan melalui gol Harry Kane pada menit ke-2. Maccabi sempat menyamakan kedudukan melalui gol Tjaronn Chery pada menit ke-17.

Setelah itu praktis gawang Maccabi menjadi bulan-bulanan tim London. Gol Lucas Moura pada menit ke-21 membawa Spurs kembali memimpin, sebelum Giovani Lo Celso menyumbang dua gol dalam rentang waktu singkat yakni pada menit ke-36 dan 39.

Penalti Nikita Rukavyatsa pada menit ke-52 sempat memperkecil ketertinggalan Maccabi menjadi 4-2. Namun Spurs masih belum puas dan kembali membukukan tiga gol tambahan melalui penalti Kane pada menit ke-56, gol Kane pada menit ke-74, dan gol penutup dari penalti Dele Alli pada menit ke-90.

Tim raksasa lainnya AC Milan memerlukan adu penalti untuk dapat melaju ke fase grup. Rossoneri menang adu penalti 9–8 atas klub Portugal Rio Ave, setelah bermain imbang 2–2 selama 120 menit.

Sementara itu, jagoan Belanda PSV Eindhoven melaju ke fase grup setelah menundukkan tuan rumah Rosenborg 2–0 di Trondheim, Norwegia.

Wakil La Liga Spanyol Granada juga memenangi laga tandang dengan skor 3–1 atas tuan rumah Malmo di Swedia. Ini untuk pertama kalin ya Granada lolos ke fase grup kompetisi Eropa.

Nasib berbeda didapat Wolfsburg yang tidak dapat menemani dua tim Jerman lainnya Bayer Leverkusen dan Hoffenheim untuk mengejar prestasi di Liga Europa. Bertandang ke markas klub Yunani AEK Athens, Die Wolfe dipaksa takluk 1–2.

Admir Mehmedi sempat membawa Wolfsburg unggul melalui golnya pada menit ke-45. Namun mereka gagal mempertahan keunggulan dan justru harus kemasukan gol Andre Simoes pada menit ke-64 dan berbalik tertinggal setelah kemasukan gol Karim Ansarifard pada menit ke-90.

Tim langganan tampil di Eropa asal Swiss Basel juga tidak dapat melanjutkan petualangannya, setelah takluk 1-3 dari wakil Bulgaria CSKA Sofia.

Sebagaimana Wolfsburg, Basel sempat memimpin terlebih dahulu saat eksekusi penalti Arthur Cabral pada menit ke-54 sukses membobol gawang CSKA. Namun pada 13 menit terakhir laga, gawang mereka kemasukan tiga kali.

Tiago Rodrigues menyamakan kedudukan untuk CSKA melalui golnya pada menit ke-72, sebelum ia membawa timnya berbalik unggul pada menit ke-88. Ahmed Yilmazov Ahmedov kemudian memastikan kemenangan timnya melalui golnya pada menit ke-90.

Nasib tim Swiss lainnya Young Boys lebih baik. Menjamu wakil Albania KF Tirana, mereka mampu mendulang kemenangan 3-0 melalui gol-gol Christian Fassnacht pada menit ke-42, dan dua gol dari Jean Pierre Nsame pada menit ke-52 dan 64.

Tim Skotlandia asuhan Steven Gerrard, Rangers, mengikuti jejak musuh bebuyutannya Celtic ke fase grup Liga Europa berkat kemenangan 2-1 atas Galatasaray.

Scott Arfield membawa Rangers unggul melalui golnya pada menit ke-52, sebelum James Tavernier menggandakan keungggulan mereka pada menit ke-59. Klub Turki Galatasaray hanya mampu mencetak satu gol balasan yang dikemas oleh Marcao pada menit ke-87.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/UEFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper