Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ronald Koeman Tangani Barcelona, Ini Perjalanan Kepelatihannya

Runner-up La Liga Spanyol Barcelona akhirnya resmi menunjukkan Ronald Koeman, mantan pemainnya, sebagai pelatih baru menggantikan Quique Setien Solar. Ini perjalanan mantan pemain Timnas Belanda itu sebagai pelatih.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 19 Agustus 2020  |  18:46 WIB
Ronald Koeman Tangani Barcelona, Ini Perjalanan Kepelatihannya
Ronald Koeman sebagai pemain Barcelona memegang trofi ketika tim Katalan itu menjuarai Piala Eropa (sekarang Liga Champions) pada 1992. Dia mencetak gol satu-satunya ke gawang Sampdoria dalam pertandingan final yang digelar di Stadion Wembley, London. - BBC
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ronald Koeman akhirnya resmi menjadi pelatih FC Barcelona meski hasil jajak pendapat menunjukkan bahwa sekitar 70 persen pendukung klub Katalan itu tak menyukainya.

Koeman merasakan pengalaman melatih pertamanya ketika menjadi asisten pelatih Timnas Belanda Guus Hiddink pada Piala Dunia 1998, sebelum menjadi tangan kanan Louis van Gaal di Barcelona dari 1998 hingga 2000.

Dia akhirnya sukses sebagai pelatih di tanah airnya, memenangkan gelar liga bersama Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven.

Sebuah tugas singkat di klub La Liga Spanyol Valencia pada 2007 membawanya kesuksesan meraih trofi Piala Raja (Copa del Rey), tetapi dia dipecat setelah timnya finis hanya b2 poin di atas zona degradasi di La Liga.

Setelah sempat menukangi AZ Alkmaar dan Feyenoord Rotterdam, Koeman ditunjuk oleh Southampton pada 2014. Dia sukses besar membawa klub Liga Inggris tersebut finis di urutan ketujuh dan keenam, yang menghasilkan tiket kualifikasi untuk penyisihan grup Liga Europa.

Everton datang memanggilnya pada Juni 2016, tetapi waktunya di Goodison Park hanya 16 bulan. Koeman dipecat pada Oktober 2017 ketika Everton berada di zona merah degradasi klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Di bawah Sam Allardyce yang menggantikannya, Everton akhirnya selamat dari degradasi dan finis di peringkat kedelapan.

Namun, kekecewaan itu segera terlupakan ketika pada Februari 2018 Koeman ditunjuk menjadi pelatih Timnas Belanda yang gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di bawah arahan Dick Advocaat. Koeman memimpin Belanda ke final Liga Bangsa-Bangsa UEFA dan membantu mereka lolos ke Euro 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Barcelona Liga Spanyol

Sumber : BBC

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top