Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Crystal Palace Klub Bola Profesional Tertua, Geser Notts County

Crystal Palace mengklaim sebagai tim sepak bola profesional tertua di dunia berdasarkan temuan baru penelitian yang menyatakan mereka memiliki keterkaitan dengan tim yang terbentuk pada 1861.
Suporter Crystal Palace/Reuters
Suporter Crystal Palace/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Klub Liga Primer Inggris Crystal Palace mengklaim sebagai tim sepak bola profesional tertua di dunia berdasarkan temuan baru penelitian yang menyatakan mereka memiliki keterkaitan dengan tim yang terbentuk pada 1861.

Sheffield FC hingga saat ini diakui Football Association (FA), otoritas sepak bola Inggris, sebagai tim sepak bola amatir tertua di dunia yang didirikan pada 24 Oktober 1857, sedangkan untuk tim profesional status itu disandang oleh Notts County yang berdiri November 1862.

Palace diketahui secara umum didirikan pada 1905, tetapi penelitian yang dituangkan dalam buku terbaru Peter Manning berjudul "Palace At The Palace: A History of the Crystal Palace and its Football Club 1851-1915" menyatakan Palace didirikan pada 1861 dan memainkan pertandingan pertama mereka Maret 1862.

Klub yang berbasis di London itu bahkan memproduksi wawancara khusus dengan Manning dalam tayangan yang diunggah melalui YouTube pada Rabu (22/4/2020) dini hari WIB untuk menjabarkan temuan baru tersebut.

Menurut Manning, pada 1852 perusahaan baja dan kaca Crystal Palace Company didirikan, kemudian perusahaan itu membuka lapangan kriket 5 tahun kemudian sekaligus mendirikan klub Crystal Palace.

Tradisi Inggris era Victorian mencatat bahwa atlet kriket biasanya bermain sepak bola pada musim dingin untuk menjaga kebugaran mereka dan dampaknya pada 1861 klub Crystal Palace mendirikan cabang sendiri untuk olahraga kulit bundar tersebut.

Klub sepak bola Crystal Palace dilaporkan memainkan pertandingan pertamanya pada 15 Maret 1862 dan setahun berselang ketika FA didirikan salah satu atlet kriket Crystal Palace, Frank Day, menghadiri rapat perdana badan sepak bola Inggris tersebut.

Lantas ketika Piala FA edisi perdana dilangsungkan pada 1871-1872, Crystal Palace ambil bagian di dalamnya dan mencapai semifinal.

Akan tetapi, kemudian klub Crystal Palace tersebut berhenti tampil di pertandingan resmi sepak bola, yang berdasar analisis Manning dikarenakan hal itu merusak kondisi permukaan lapangan yang lebih diperuntukkan memainkan kriket.

Sepak bola kembali dimainkan klub Crystal Palace pada 1894 setelah Henry Gillman mengarahkan dewan direksi perusahaan untuk membangun stadion di area mereka dan sedikitnya 20 partai final Piala FA dimainkan di sana sepanjang 1895 hingga 1914.

Pada 1905 perusahaan mendirikan klub profesional Crystal Palace yang 1.700 lembar sahamnya dibeli oleh perusahaan Crystal Palace Company, atau dalam kata lain perusahaan itu memegang hak milik klub yang mereka dirikan pada 1861.

Menanggapi temuan terbaru Manning tersebut, Ketua Crystal Palace Steve Parish mengapresiasinya sebagai bukti atas klaim mereka sebagai klub profesional tertua di dunia.

"Sebagai suporter Crystal Palace seumur hidup, luar biasa rasanya kami akhirnya memiliki klaim sah sebagai klub profesional di dunia yang masih aktif, bahwa kami hadir di rapat pertama FA dan sejarah kami berakar pada klub kriket era Victorian pada 1861," katanya dalam laman resmi Palace.

"Saya berterima kasih kepada Peter Manning atas kerja kerasnya meneliti sejarah pasti klub ini. Ini kisah luar biasa dan saya harap suporter bisa menikmatinya saat kami angkat ke film ini," ujar Parish merujuk pada tayangan berdurasi 17 menit 39 detik yang diunggah di akun YouTube Palace.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper