Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berkas Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Sudah Ditandatangani Jokowi

Menpora RI Dito Ariotedjo mengungkapkan bahwa berkas naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Berkas naturalisasi Mees Hilgers sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo / Instagram @erickthohir.
Berkas naturalisasi Mees Hilgers sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo / Instagram @erickthohir.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mengungkapkan bahwa berkas naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kemenpora dan PSSI mengebut proses naturalisasi 2 pemain berdarah Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Dalam perkembangannya, Menpora Dito Ariotedjo mengatakan bahwa berkas naturalisasi Hilgers dan Reijnders telah ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada Rabu (11/9/2024).

"Alhamdulillah untuk naturalisasi kemarin sudah ditandatangani oleh Bapak Presiden, dari Bapak Presiden harusnya surat itu sudah masuk dikirim mungkin hari ini ke DPR. Kita akan memantau ini. Kebetulan kita raker di DPR. Mungkin setelah ini saya coba cek-cek ke pimpinan DPR apakah sudah disposisi atau belum," ucap Dito Ariotedjo kepada wartawan, Kamis (12/9/2024).

Meski demikian, Dito mengaku belum mendapat informasi agenda Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPR RI terkait naturalisasi Hilgers dan Reijnders.

Dito mengaku akan berupaya untuk secepat mungkin merampungkan naturalisasi untuk 2 pemain yang diproyeksikan membela Timnas Indonesia itu.

"Yang pasti saya yakin semangatnya sama juga, selama ini kawan-kawan senior-senior DPR juga selalu proaktif membantu kami di olahraga," tutur Dito.

Tahapan selanjutnya PSSI dan Kemenpora akan menjalani RDP dengan Komisi X DPR RI.

Agenda Komisi X DPR RI akan berlangsung pada Selasa (17/9/2024) dan Rabu (18/9/2024), disusul Sidang Paripurna pada Kamis (19/9/2024).

Jika dalam pekan depan RDP dengan Komisi X sudah terlaksana, besar kemungkinan Hilgers dan Reijnders akan debut untuk Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Oktober mendatang.

"Kami menargetkan itu bisa di Oktober, tapi targetnya ini kan pasti satu Oktober ada peralihan kepemimpinan di DPR. Semoga ini nanti semangatnya masih sama," kata Dito menjelaskan.

Pada Oktober mendatang Timnas Indonesia akan menjalani 2 pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Skuad Garuda akan melakoni 2 laga tandang kontra Bahrain (10/10/2024) dan China (15/10/2024).

Tambahan tenaga Mees Hilgers dan Eliano Reijnders diperlukan Timnas Indonesia untuk terus mendulang poin di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper