Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Media Vietnam Ketar-ketir Lihat Maarten Paes Gabung Timnas Indonesia

Media Vietnam Thin The Thao memberitakan proses naturalisasi Maarten Paes yang kini telah diizinkan membela Timnas Indonesia.
Media Vietnam soroti naturalisasi Maarten Paes di Timnas Indonesia / Instagram Maarten Paes
Media Vietnam soroti naturalisasi Maarten Paes di Timnas Indonesia / Instagram Maarten Paes

Bisnis.com, JAKARTA - Media Vietnam Thin The Thao memberitakan proses naturalisasi Maarten Paes yang kini telah diizinkan membela Timnas Indonesia.

PSSI mengumumkan bahwa Maarten Paes sudah resmi bisa membela Timnas Indonesia usai menjalani sidang di FIFA dan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Paes sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak April lalu, namun polemik perpindahan federasi sepak bola membuat sang penjaga gawang urung membela Timnas Indonesia.

Paes belum bisa membela Timnas Indonesia karena sudah pernah membela Belanda U-21 pada usia 22 tahun.

PSSI berdalih bahwa kala itu Paes seharusnya masih berusia 21 tahun, batas perpindahan federasi, lantaran pertandingan Kualifikasi Piala Eropa U-21 itu diundur karena pandemi Covid-19.

Alasan itu diterima oleh FIFA dan CAS yang akhirnya mengizinkan kiper 26 tahun itu berpindah federasi sepak bola dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI).

Media Vietnam pun ramai-ramai memberitakan kekuatan Timnas Indonesia yang makin komplet dengan kedatangan Maarten Paes.

The Thao Van Hoa menyoroti Skuad Garuda yang sudah bisa menurunkan Paes di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada September mendatang.

Adapun Tin The Thao menyebut kekuatan Timnas Indonesia akan bertambah dengan kehadiran kiper FC Dallas itu.

"Dia (Paes) melengkapi puzzle yang hilang dalam all-star skuad naturalisasi Timnas Indonesia yang akan berkompetisi untuk memperbutkan tike Piala Dunia 2026 nanti," tulis Thin The Thao.

Paes berpeluang menjalani debut bersama Timnas Indonesia saat menghadapi Arab Saudi di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026, 5 September mendatang.

Sementara kiper berpostur 191 tahun itu mengaku gembira akhirnya bisa membela Timnas Indonesia.

"Saya merasa senang berbincang dengan kalian. Saya rasa ingin datang ke sana secepatnya, bermain secepatnya untuk Tim Nasional. Dan saya sangat bersyukur memiliki kesempatan ini dan bermain untuk Garuda. Saya tidak sabar untuk bertemu dengan kalian langsung. Kita ciptakan kenangan indah bersama. Manyala abangku," ucap Maarten Paes dalam unggahan video di akun Instagram @timnas.indonesia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper