Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Maarten Paes, Tambahan Kiper Timnas Indonesia untuk Putaran 3 Piala Dunia

Bergabungnya Maarten Paes diharapkan dapat memperkuat tim nasional (Timnas) Indonesia dalam putaran ketiga Piala Dunia pada September 2024 mendatang.
Ketum PSSI yang juga Menteri BUMN Erick Thohir di sela-sela partai final Piala AFF U-19 di Surabaya, Senin (29/7/2024) malam./Istimewa
Ketum PSSI yang juga Menteri BUMN Erick Thohir di sela-sela partai final Piala AFF U-19 di Surabaya, Senin (29/7/2024) malam./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan Maarten Vincent Paes dapat membela Tim Nasional (Timnas) dalam ajang internasional. Kepastian ini disampaikan oleh ketua PSSI Erick Thohir melalui laman media sosialnya.

"Kabar baik bagi persepakbolaan Indonesia. PSSI pada hari ini menginformasikan bahwa setelah melalui proses yang cukup lama dan ekstensif, Maarten Paes akhirnya telah berhasil didaftarkan dan sekarang secara sah dapat bermain mewakili tim nasional Indonesia," tulis Erick pada hari ini, Minggu (18/8/2024) dikutip dari Instagram.

Menurut Erick yang juga Menteri BUMN itu, bergabungnya Maarten akan memperkuat tim nasional lebih tangguh. "Terutama dalam menghadapi putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia,"katanya lebih lanjut.

Menurutnya PSSI menyambut kedatangann Maarten dengan tangan terbuka dan menanti tim nasional Indonesia meraih performa yang lebih baik.

Lalu bagaimana perjalanan karir Maarten sehingga diincar oleh PSSI memperkuat Timnas dalam putaran ketiga Piala Dunia yang mulai bergulir September 2024 mendatang? Dilihat dalam laman FC Daalas, Minggu (18/8/2024) Maarten Paes adalah seorang penjaga gawang yang lahir di Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998.

Sosok ini memiliki tinggi 191 cm dan berat 82 kg. Klub menyebut Paes merupakan pemain yang tampil menonjol di posisi penjaga gawang. Dalam memperkuat FC Dallas, Paes tampil dalam 102 pertandingan dengan 87 kali sebagai starter. Selama kariernya di klub ini, Paes mencatatkan 20 clean sheet dan memiliki persentase penyelamatan rata-rata sebesar 73,7%.

Pada musim 2024, Paes tampil dalam 39 pertandingan, mencatatkan 5 clean sheet dan memiliki persentase penyelamatan 71,7%. Di musim 2023, ia bermain dalam 29 pertandingan dengan 7 clean sheet dan persentase penyelamatan 76,4%. Sementara itu, pada musim 2022, Paes tampil dalam 34 pertandingan, mencatatkan 8 clean sheet dan persentase penyelamatan 73%. Paes memiliki persentase operan sukses yang solid, yaitu 69,73%, dan melakukan 35,67% long balls sepanjang kariernya di FC Dallas.

Sebelum di Dallas, Paes bermain sebagai penjaga gawang cadangan NEC dan bermain 3 tahun untuk Utrecht sebagai penjaga gawang. Kepastian Paes bergabung di Timnas seiring sosok ini juga memiliki paspor Green Card Amerika serikat yang dikeluarkan sejak 8 Maret 2024. Sedangkan pada 30 April 2024 dia juga memperoleh kewarganegaraan Indonesia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper