Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wonderkid Uzbekistan Ini Punya Harga Pasaran Lebih Tinggi daripada Satu Skuad Timnas U-23 Indonesia

Timnas U-23 Uzbekistan membawa wonderkid Abbosbek Fayzullaev yang memiliki nilai pasar lebih besar ketimbang gabungan pemain Timnas U-23 Indonesia.
Profil wonderkid Timnas U-23 Uzbekistan Abbosbek Fayzullaev / Instagram @abbos.fs.
Profil wonderkid Timnas U-23 Uzbekistan Abbosbek Fayzullaev / Instagram @abbos.fs.

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas U-23 Uzbekistan membawa wonderkid Abbosbek Fayzullaev di Piala Asia U-23 2024. Fayzullaev memiliki nilai pasar yang lebih besar ketimbang gabungan pemain Timnas U-23 Indonesia.

Timnas U-23 Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (29/4/2024).

Jelang bentrokan tersebut Indonesia harus mewaspadai 1 pemain Timnas U-23 Uzbekistan yakni Abbosbek Fayzullaev.

Pasalnya, dilansir dari laman Transfermarkt, Fayzullaev memiliki harga pasaran tertinggi di antara seluruh pemain Timnas U-23 Uzbekistan yang dibawa ke Piala Asia U-23 2024.

Nilai pasar pemain CSKA Moskow itu mencapai Rp86,91 miliar rupiah. Nominal tersebut jauh meninggalkan pemain lain. Bek Abdukodir Khusanov menjadi pemilik nilai pasar tertinggi kedua di tim dengan Rp34,76 miliar.

Bahkan, harga pasar Fayzullaev lebih tinggi ketimbang satu skuad Timnas U-23 Indonesia yang hanya "dibanderol" Rp83,34 miliar.

Harga pasar yang tinggi itu bukan tanpa sebab. Potensi Fayzullaev memang terbilang besar. Maka dari itu, dia menjadi 1 dari 5 pemain termuda Uzbekistan di Piala Asia U-23.

Selain Fayzullaev dan Khusanov, Uzbekistan memiliki 3 pemain lain yang baru berusia 20 tahun yakni Alibek Davronov, Makhmud Makhamadzhonov, dan Umarali Rakhmonaliev.

Namun di antara kelima pemain tersebut, kebintangan Fayzullaev dinilai menjadi yang terbesar. Maklum saja, dia kini bermain reguler di tim raksasa Rusia, CSKA Moskow.

Abbosbek Fayzullaev merupakan pemain kelahiran Sidayo, Uzbekistan, pada 3 Oktober 2003. Karier juniornya dimulai di tim Pahtakor Tashkent.

Dia promosi ke tim U-23 ke tim senior Pahtakor pada 1 Januari 2021, atau saat usianya baru sekitar 17 tahun.

Fayzullaev terpilih menjadi pemain terbaik Piala Asia U-20 2023 setelah mengantar Uzbekistan juara. Pada 2022, dia juga membawa Uzbekistan runner-up di Piala Asia U-23.

Talenta besar Fayzullaev terendus pemandu bakat Rusia. CSKA Moskow pun rela merogoh kocek Rp13,04 miliar untuk mendatangkan pemain berposisi gelandang serang itu pada 4 Agustus 2023.

Fayzullaev pun menjadi andalan CSKA Moskow. Dia sudah tampil dalam 18 pertandingan Liga Rusia musim ini, dengan torehan 3 gol dan 8 assist. Dia juga tampil di Piala Rusia sebanyak 8 kali, dengan membukukan 1 gol dan 3 assist.

Di Piala Asia U-23 2024, Fayzullaev baru tampil 2 kali karena terganggu cedera, 1 di fase grup kontra Vietnam dan 1 lagi di perempat final lawan Arab Saudi. Dalam 2 penampilannya itu Fayzullaev telah mencetak 1 assist.

Kini Fayzullaev telah sembuh dari cedera dan berpotensi menebar ancaman ke pertahanan Timnas U-23 Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper