Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia vs Uzbekistan: Shin Tae-yong Punya Rekor Mentereng Lawan White Wolves

Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong optimistis dengan peluang timnya saat melawan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024.
Shin Tae-yong umbar rekor positif lawan Uzbekistan jelang semifinal Piala Asia U-23 2024 lawan Timnas U-23 Indonesia / PSSI.
Shin Tae-yong umbar rekor positif lawan Uzbekistan jelang semifinal Piala Asia U-23 2024 lawan Timnas U-23 Indonesia / PSSI.

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong optimistis dengan peluang timnya saat melawan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024.

Timnas U-23 Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024).

Garuda Muda lolos ke semifinal usai menjegal Korea Selatan dalam drama adu penalti. Pada waktu normal hingga 2 kali babak tambahan, Indonesia dan Korea Selatan bermain sama kuat 2-2.

Di sisi lain Uzbekistan lolos setelah mengandaskan perlawanan juara bertahan, Arab Saudi, dengan skor 2-2 di perempat final.

Jelang perjumpaan lawan juara Piala Asia U-23 2018 itu, pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong optimistis menang.

Meski akan menghadapi Uzbekistan yang menjadi tim terproduktif di Piala Asia U-23 2024 dengan mencetak 12 gol, Shin mengatakan tetap ada celah bagi Garuda Muda.

Shin juga mengaku telah mengantongi kelebihan dan kekurangan Uzbekistan yang turut membuat gawang mereka tak kebobolan hingga saat ini.

"Beberapa penilaian saya setelah menonton pertandingan Uzbekistan, saya menyadari mengapa mereka bisa mencetak 12 gol dan bagaimana mereka tidak kebobolan. Salah satu yang krusial, adalah transisi yang begitu cepat. Uzbekistan bisa transisi menyerang ke bertahan dan bertahan ke menyerang dengan sangat cepat," tutur Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga, Minggu (28/4/2024).

Shin juga punya modal berharga melawan Uzbekistan, yakni tak pernah kalah dari negara yang kini dibesut Timur Kapadze itu.

"Namun dalam karier sebagai pelatih, saya tidak punya pengalaman kalah melawan Uzbekistan. Meskipun Uzbekistan adalah tim yang sangat bagus, tapi kali ini saya memiliki pemain-pemain terbaik dan saya punya kenangan yang sangat bagus. Saya punya perasaan yang baik [untuk laga malam nanti], jadi semoga kami beruntung. Saya akan melakukan persiapan dengan baik," ucap juru taktik asal Korea Selatan.

Shin pernah 3 kali jumpa Uzbekistan sejak dirinya menjadi pelatih. Rinciannya, 2 kali bersama Timnas Korea Selatan dan 1 kali bersama Timnas Indonesia.

Bersama Taeguk Warriors, julukan Timnas Korea Selatan, Shin membukukan 1 kemenangan dan 1 kali imbang.

Adapun saat bersama Tim Merah Putih, Shin memimpin pasukan Timnas U-20 Indonesia di Piala Asia U-20 2023. Hasilnya, Indonesia mampu menahan imbang Uzbekistan 0-0 dengan kekuatan pincang.

"Terakhir kali saya bermain melawan Uzbekistan di Piala Asia U-20 (2023). Waktu itu kami tidak membawa 6 pemain terbaik kami, tapi tetap saja Uzbekistan mampu mendominasi permainan dan permainan kami tidak terlalu bagus dibandingkan dengan Uzbekistan," katanya.

Kemenangan atas Uzbekistan menjadi target utama Shin malam nanti. Sebab, dengan kemenangan tersebut Rizky Ridho cs akan menyegel 1 tempat di Olimpiade 2024 Paris.

Rekor Shin Tae-yong vs Uzbekistan:

  • 13/1/2016: Korea Selatan 2-1 Uzbekistan (Uji Coba Timnas U-23)
  • 5/9/2017: Uzbekistan 0-0 Korea Selatan (Kualifikasi Piala Dunia 2018)
  • 7/3/2023: Uzbekistan 0-0 Indonesia (Piala Asia U-20 2023)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper