Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil MotoGP Valencia 2023: Bagnaia Juara, Di Giannantonio Kedua, Martin Crash

Hasil MotoGP Valencia 2023, Francesco Bagnaia menjadi juara usai menjadi yang tercepat mengalahkan Fabio Di Giannantonio (Gresini Ducati) dan Johann Zarco.
Pebalap MotoGP, Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo (depan) sedang diikuti oleh Jorge Martin asal Pramac Ducati. Hasil MotoGP Valencia 2023: Bagnaia Juara, Di Giannantonio, Martin Crash/Reuters
Pebalap MotoGP, Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo (depan) sedang diikuti oleh Jorge Martin asal Pramac Ducati. Hasil MotoGP Valencia 2023: Bagnaia Juara, Di Giannantonio, Martin Crash/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil MotoGP Valencia 2023, Francesco Bagnaia menjadi juara usai menjadi yang tercepat mengalahkan Fabio Di Giannantonio (Gresini Ducati) dan Johann Zarco dari Pramac Ducati

Bagnaia juga dipastikan mempertahankan gelar juara dunia MotoGP musim 2023 setelah Jorge Martin dari Pramac Ducati crash pada lap keenam.

Bagnaia langsung memimpin balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (26/11/2023) selepas start dimulai. Martin yang start dari posisi keenam langsung naik peringkat kedua diikuti Brad Binder dari Red Bull KTM di posisi tiga di lap pertama.

Martin melakukan kesalahan fatal pada lap kedua dengan melebar keluar lintasan usai ingin membalap Bagnaia di tikungan pertama.

Alhasil, Martin yang kembali masuk ke lintasan harus rela terlempar ke posisi delapan di bawah pebalap Gresini Ducati, Alex Marquez.

Hingga lap kelima, hasil MotoGP Valencia 2023, Bagnaia masih memimpin diikuti Brad Binder.

Sementara itu Jorge Martin usai melewati Alex Marquez mencoba menyusul Maverick Vinales (Aprilia Racing) dan Marc Marquez (Repsol Honda) yang ada di depannya.

Martin Crash pada lap keenam usai ingin melewati Marc Marquez dari sisi dalam. Marquez kemudian jatuh, begitu juga Martin yang harus rela keluar lintasan

Hasil ini membuat Bagnaia sudah memastikan keluar sebagai Juara dunia MotoGP musim 2023. Karena poinnya yang sudah tidak terkejar lagi oleh Martin.

Di lap keenam, Binder mengambil alih balapan dari Bagnaia. Setelah giliran Jack Miller dari KTM yang membalap Bagnaia  pada lap ketujuh.

Brad Binder yang sedang memimpin balapan membuat kesalahan pada lap ke14 setelah keluar lintasan di tikungan ke10. Kesalahan Binder membuat Miller di posisi satu, Bagnaia kedua, Johann Zarco dari Pramac Ducati ada di peringkat tiga.

Pada lap 20 giliran pebalap Red Bull KTM, Jack Miller yang sedang memimpin balapan harus mengalami crash di tikungan ke-10.

Bagnaia yang ada di posisi dua naik ke peringkat pertama diikuti Johann Zarco. Binder yang sempat terlempar kembali merangsek ke podium tiga. Hingga lap 22, Bagnaia masih memimpin balapan MotoGP Valencia 2023.

Fabio Di Giannantonio dari Gresini Ducati naik ke posisi tiga usai berhasil mengambil posisi Binder.

Bagnaia akhirnya bisa menjuarai MotoGP Valencia 2023 diikuti Di Giannantonio di posisi dua dan Zarco di peringkat tiga.

Kemenangan ini membuat Bagnaia kokoh di klasemen akhir MotoGP musim 2023 dengan 467 poin diikuti Martin dengan 428 angka.

Drama Sebelum Start GP Valencia 2023 Dimulai

Balapan MotoGP Valencia 2023 sudah ada drama sebelum start dilaksanakan.

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia akan start dari posisi satu MotoGP Valencia 2023 karena Maverick Vinales mengalami insiden di sesi warm up yang dilaksanakan pada Minggu (26/11/2023) pagi waktu setempat.

Pebalap Aprilia Vinales yang mempunyai julukan Top Gun dinyatakan bersalah karena tidak menghormati bendera hitam dengan cakram oranye.

Vinales tidak segera meninggalkan lintasan saat Pemanasan di GP Valencia. Padahal, pebalap harus mematuhi isyarat bendera, lampu, dan papan yang menyampaikan instruksi, termasuk pesan dashboard dari Race Direction.

Alhasil pebalap asal Spanyol itu terkena penalti mundur tiga grid saat start.

Penalti tersebut membuat Pecco Bagnaia akan start dari posisi terdepan untuk mempertahankan mahkota MotoGP, dengan Johann Zarco (Prima Pramac Racing) masuk ke P2 dan Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing) berpindah ke barisan depan.

Vinales akan start dari posisi terdepan di baris kedua, dengan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) dan penantang gelar Jorge Martin (Prima Pramac Racing) masing-masing tersisa di P5 dan P6.

Posisi start MotoGP Valencia 2023 setelah Vinales terkena penalti:

POS RIDER TIM
1. Francesco Bagnaia Ducati Lenovo (GP23)
2. Johann Zarco Pramac Ducati (GP23)
3. Jack Miller Red Bull KTM (RC16)
4. Maverick Viñales Aprilia Racing (RS-GP23)
5. Brad Binder Red Bull KTM (RC16)
6. Jorge Martin Pramac Ducati (GP23)
7. Marco Bezzecchi Mooney VR46 Ducati (GP22)
8. Alex Marquez Gresini Ducati (GP22)
9. Marc Marquez Repsol Honda (RC213V)
10. Raul Fernandez RNF Aprilia (RS-GP22)
11. Fabio Di Giannantonio Gresini Ducati (GP22)
12. Aleix Espargaro Aprilia Racing (RS-GP23)
Q1:
13 Augusto Fernandez Tech3 GASGAS (RC16)*
14 Enea Bastianini Ducati Lenovo (GP23)
15 Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1)
16 Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V)
17 Luca Marini Mooney VR46 Ducati (GP22)
18 Pol Espargaro Tech3 GASGAS (RC16)
19 Franco Morbidelli Monster Yamaha (YZR-M1)
20 Alex Rins LCR Honda (RC213V)
21 Lorenzo Savadori RNF Aprilia (RS-GP22)

Dengan perbedaan 14 poin antara Bagnaia dan Martin, setiap keunggulan sangat berarti, dan keputusan ini akan menjadi dorongan besar bagi kubu pabrikan Ducati.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper