Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Elkan Baggott, Bek Timnas Garuda yang Pernah Ingin Dinaturalisasi Thailand

Elkan Baggott merupakan pemain belakang timnas Indonesia  yang lahir di Thailand 23 Oktober 2002. Sang Ibunda berasal dari Indonesia dengan marga Tio.
Bek Timnas Indonesia, Elkann Baggott/Twitter Timnas Indonesia
Bek Timnas Indonesia, Elkann Baggott/Twitter Timnas Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Lini belakang timnas Indonesia dipastikan akan mempunyai masa depan yang cerah. Pasalnya, Timnas Garuda mempunyai bek tangguh bernama Elkan Baggott yang baru saja membawa Tim Indonesia U-23 lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Elkan Baggott merupakan bek tangguh dengan tinggi 196 cm. Pemain bek belakang yang selalu diidam-idamkan oleh timnas Indonesia untuk menghalau bola-bola atas yang selalu menjadi momok skuad Garuda.

Menariknya, Elkan Baggot, yang kini masih berusia 20 pernah juga ingin diincar timnas Thailand untuk dinaturalisasi. Pasalnya, Elkan yang kini membela klub Liga Inggris, Ipswich Town, lahir di Thailand pada 23 Oktober 2002.

Namun akhirnya, Elkan Baggott lebih memilih untuk bermain untuk Timnas Indonesia.

Profil Elkan Baggott:

Elkan Baggott merupakan pemain belakang timnas Indonesia  yang lahir di Thailand 23 Oktober 2002. Sang Ibunda berasal dari Indonesia dengan marga Tio, sementara sang Ayah berasal dari Inggris, Rolland Baggott.

Elkan Baggot yang pernah tinggal Indonesia dari 2008, pernah diangkat sebagai kapten untuk tim British International School. Namun tidak berlangsung lama, dirinya dan keluarga memutuskan untuk menetap di Inggris pada tahun 2011.

Setelah menetap di Negeri Ratu Elizabeth itu, Elkan Baggott bergabung dengan Ipswich Town dengan beasiswa dua tahun pada tahun 2019. Tidak menunggu waktu lama, performa ciamik membawa Elkan Baggott menjalani debut seniornya untuk klub pada 6 Oktober 2020 dengan kemenangan 2-0 atas Gillingham di Piala EFL.

Namun persaingan yang ketat di lini belakang membuat Ipswich Town membuat keputusan untuk meminjamkan Elkan Baggott ke sejumlah klub untuk mendapatkan menit bermain.

Ipswich Town meminjamkan Elkan Baggott ke King's Lynn Town, Gillingham, dan Cheltenham Town. Namun musim ini Ipswich Town memilih untuk tidak meminjamkan Elkan Baggott untuk kedalaman skuadnya.

Perjalanan Elkan Baggott bersama Tim nasional Indonesia saat membela tim U-19 saat melawan Makedonia Utara pada 11 Oktober 2022 dalam laga uji coba di Stadion NK Junak Sinj, Split. Dalam pertandingan tersebut pemain berdarah Inggris bermain penuh selama 90 menit.

Elkan yang bermain untuk klub Ipswich Town, Inggris tampak tidak ada kendala dalam mengawal pertahanan Garuda Muda. Bersama Bagas Kaffa, Rizky Ridho, dan Pratama Arhan mereka menjadi kuartet kokoh timnas U-19 saat meredam agresivitas Makedonia Utara.

"Saya sangat senang dan bangga dapat bermain dan menjalani debut bersama timnas U-19. Terima kasih kepada PSSI dan semua pihak yang membuat saya dapat bertanding mengenakan jersey timnas Indonesia untuk pertama kalinya," kata Elkan Baggott.

"Hari ini secara keseluruhan tim bermain bagus, saat unggul 2-1 kami terus mendominasi permainan hingga akhir pertandingan. Kami harus selalu fokus dan kerja keras membenahi kekurangan kami selama TC di Kroasia ini," tambah pemain yang bertinggi 196 cm tersebut.

Pelatih Shin Tae-yong turut mengomentari performa Elkan Baggott yang bermain apik saat melawan Makedonia Utara.

"Elkan bermain bagus sebagai center back tadi, selain itu dalam bekerja sama dengan pemain lainnya dia sudah nyetel. Dia punya postur yang tinggi, kuat dan kemampuan membaca permainan yang baik," kata Shin Tae-yong usai laga.

Namun kiprah bersama Timnas Indonesia senior sempat tertunda karena pandemi Covid-19 yang membuat dirinya tidak bisa melakukan perjalanan dari Inggris ke Indonesia.

Namun penantian panjang tersebut akhirnya bisa terwujud setelah Elkan Baggott bermain untuk Timnas Indonesia melawan Afghanistan. Namun debut Elkan Baggott memperkuat Timnas Garuda tidak berjalan sesuai harapan.

Pacar dari Katie Marsden mengalami cedera kepala sehingga harus digantikan oleh Victor Igbonefo.

Akibat cedera tersebut, Elkan Baggott mempunyai kewajiban aturan 14 hari tanpa sepak bola karena regulasi Asosiasi Sepak Bola Inggris selama masa pemulihan.

Elkan akhirnya diperbolehkan bermain kembali pada 2 Desember 2021, setelah melakukan Scan MRI dan menyimpulkan tidak ada cedera yang berkelanjutan.

Pada 12 Desember 2021, Elkan melakukan debut bersama tim nasional Indonesia senior di turnamen saat melawan Laos di Kejuaraan AFF, hasil akhir pertandingan tersebut adalah kemenangan 5–1 untuk Indonesia.

Pada 19 Desember 2021, dia mencetak gol pertamanya untuk Indonesia dengan menyundulkan bola untuk gol terakhir saat melawan Malaysia, hasil akhir adalah 4–1 untuk Indonesia.

Di pertandingan penyisihan Timnas Indonesia U-23 dalam babak kualifikasi Piala Asia U-23, Elkan Baggott juga mencetak satu gol saat menggilas Taiwan 9-0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper