Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Ivar Jenner, Playmaker Ajaib Timnas Indonesia yang Main di Liga Belanda

Salah satu pemain yang membetot pecinta sepak bola adalah Ivar Jenner, playmaker ajaib timnas Indonesia yang bermain di Jong Utrecht. Ini profil Ivar Jenner.
Gelandang Timnas Indonesia, ivar Jenner/Twitter Timnas Indonesia
Gelandang Timnas Indonesia, ivar Jenner/Twitter Timnas Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 baru saja membuat sejarah untuk pertama kalinya lolos ke Piala Asia.

Sejumlah pemain mencuri perhatian publik sepak bola Tanah Air karena performa ciamiknya di babak kualifikasi Grup K yang digelar di Stadion Manahan, Solo.

Salah satu pemain yang membetot pecinta sepak bola adalah Ivar Jenner, playmaker ajaib timnas Indonesia yang kini bermain di Jong Utrecht.

Namun berkat penampilan impresifnya, Jenner kini sudah sering masuk skuad utama FC Utrecht.

Jenner di babak kualifikasi Piala Asia U-23 bermain sangat konsisten di pertandingan pertama dan kedua.

Saat melawan Taiwan di pertandingan pertama, meski tidak mencetak gol, Ivar Jenner berhasil membuat assist untuk gol Witan Sulaeman dan Marselino.

Di pertandingan kedua, Ivar Jenner akhirnya mencetak gol pertamanya untuk timnas Indonesia lewat tendangan keras dari kotak penalti untuk membuat Garuda Muda unggul 1-0.

Usai pertandingan, hampir seluruh rekan memuji permainnya. Bahkan Marselino memuji permainan Ivar Jenner seperti gelandang timnas Jerman, Toni Kroos karena umpan dan pergerakannya sangat ciamik.

Profil Ivar Jenner:

Ivar Jenner sendiri sebenarnya baru beberapa kali membela timnas Indonesia. Debutnya bersama skuad Garuda dijalaninya saat berhadapan dengan Timnas Palestina.

Meski debutnya bersama Tim Merah-Putih berakhir dengan hasil seri, permainan Ivar Jenner saat itu diprediksi mempunyai potensi yang cerah.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong akhirnya menurunkan Ivar Jenner sebagai starter saat berhadapan dengan Juara Dunia, Argentina.

Ivar Jenner lahir di Utrecht, Belanda, pada 10 Januari 2004. Pemain dengan tinggi 188 cm itu memiliki darah keturunan Indonesia yang berasal dari neneknya, ibu dari ayahnya yang lahir di Jember, Jawa Timur.

Dalam sebuah wawancara Ivar mengatakan, “Ibu dari ayah saya atau nenek saya lahir di Jawa (Jember). Jadi ayah saya setengah Indonesia dan saya seperempat Indonesia. Orang tua ibuku berasal dari Belanda. Jadi sisi Belanda saya berasal dari ibu saya".

Ivar Jenner yang sempat mencicipi didikan Ajax Amsterdam selama dua tahun, pernah membela timnas Belanda U-15 satu kali pada 2019.

Namun Ivar Jenner akhirnya memilih bermain untuk Indonesia. Pada 22 Mei 2023, Ivar resmi memperoleh kewarganegaraan Indonesia.

"Alhamdulillah (Rafael) Struick dan Ivar Jenner sudah menjalani prosesi pengambilan sumpah kewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta hari ini," ujar Erick Thohir di sela-sela proses kerja sama dengan Federasi Sepakbola Jepang (JFA) di Tokyo, Jepang, Senin (22/5/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper