Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sah! PSSI dan FIFA Sepakat 4 stadion ini dipakai untuk Piala Dunia U-17

Ketum PSSI Erick Thohir menyebut bahwa dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 hanya akan menggunakan empat stadion.
Piala Dunia U-17 akan dilaksanakan di Indonesia/FIFA
Piala Dunia U-17 akan dilaksanakan di Indonesia/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyebut bahwa dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 hanya akan menggunakan empat stadion.

Dia menyebut, empat stadion tersebut merupakan hasil rapat dengan bersama dengan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Namun, dia melanjutkan bahwa FIFA yang akan mengumumkan secara resmi empat stadion yang akan digunakan pada November-Desember itu.

"Sekarang tinggal 94 hari menuju Piala Dunia U-17 dan tentu dana yang harus digelontorkan harus seefisien mungkin. Karena itu dari delapan stadion, hasil rapat dengan FIFA, kami sepakat akan menggunakan empat stadion," katanya usai menghadiri peresmian Indonesia Arena di Jakarta, Senin (7/8/2023).

Lebih lanjut, dia mengaku alasan pemilihan empat stadion, karena PSSI turut memikirkan kebutuhan logistik dan akses para pemain nantinya.

“Terbang ke sana terbang ke sini kan itu harus diperhitungkan juga. Karena itu ada kesepakatan dengan FIFA, tetapi yang akan mengumumkan FIFA ya, bukan saya," ucapnya.

Menteri BUMN itu melanjutkan bahwa dalam penyelenggaraannya nanti untuk di Jakarta akan diisi oleh dua grup, kemudian di Stadion Si Jalak Harupat  akan di isi oleh dua grup. Lalu, di Surabaya akan diisi oleh satu grup dan di Solo sebanyak satu grup.

Dia melanjutkan bahwa PSSI juga telah mengusulkan tim nasional indonesia bermain di Jakarta, kemudian pembukaan di Jakarta, sedangkan penyelenggaraan semifinal dan final akan dilakukan Solo seperti rencana sebelumnya untuk Piala Dunia U-20.

Oleh sebab itu, dia menyebut akan melakukan rapat kembali bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono,  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk mulai mempersiapkan kunjungan FIFA pada 26 Agustus mendatang.

Di sisi lain, Erick juga angkat bicara terkait dengan tidak lanjut renovasi Jakarta International Stadium (JIS). Menurutnya keputusan tersebut akan dipastikan pada Rabu (9/8/2023) usai melaksanakan rapat lintas Kementerian dan Pemerintah Daerah itu.

Kendati demikian, Erick mengaku bahwa sudah ada pembicaraan dari PT Jakarta Propertindo (Jakpro) soal renovasi JIS. Meskipun stadion tersebut milik Pemprov DKI, tetapi Erick mengatakan terdapat sumbangsih pemerintah pusat dalam pembangunan JIS.

Dia melanjutkan bahwa pemerintah ikut kontribusi dalam pembangunan itu menggunakan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Silakan cek, tetapi pemerintah pusat sepertinya akan  mencoba membantu yang di luar. Begitu kira-kira. Namun keputusannya nanti Rabu ini. Aduh keceplosan saya,” pungkas Erick

Sekadar informasi, Pada akhir Juli 2023 perwakilan FIFA telah menginspeksi empat stadion. Keempat stadion tersebut adalah Jakarta International Stadium (JIS), Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Manahan (Solo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper