Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Timnas U-19 Belum Tentu Lolos Semifinal Piala AFF Meski Kalahkan Myanmar, Kenapa?

Kena aturan head-to-head, Indonesia bisa terjegal laga Vietnam vs Thailand dan tak bisa lolos semifinal Piala AFF U-19 2022.
Timnas U-19 Indonesia/PSSI
Timnas U-19 Indonesia/PSSI

Bisnis.com, SOLO - Timnas U-19 Indonesia harus berjuang dua kali lipat agar dapat lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Indonesia belum tentu bisa lolos ke semifinal meski dapat mengalahkan Myanmar pada Minggu (10/7/2022) hari ini di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Hal ini disebabkan karena aturan head-to-head dalam penentuan peringkat grup.

Media Officer PSSI Bandung Saputra mengatakan, timnas Indonesia bisa gagal tembus semifinal apabila Vietnam dan Thailand bermain imbang.

Seperti yang diketahui, pertandingan laga pamungkas penyisihan grup ini akan dilakukan bersamaan pada pukul 20.00 WIB nanti. Indonesia akan berhadapan denganMyanmar, sedangkan Vietnam akan melawan Thailand.

Bandung menjelaskan, kalau Indonesia menang, sementara Vietnam dan Thailand seri, maka ketiga tim tersebut memiliki poin yang sama yakni 11. Untuk menentukan peringkat, dibuat klasemen kecil beranggotakan tiga tim itu.

Apabila Vietnam dan Thailand sama kuat tanpa gol, maka Indonesia (selisih gol +11) dan Vietnam (+9) berhak ke empat besar lantaran penilaian dialihkan ke selisih gol terbanyak dalam Grup A.

Selisih gol kemudian diambil sebagai acuan karena Thailand (+6), Vietnam dan Indonesia sudah saling berhadapan dengan hasil masing-masing 0-0.

Akan tetapi, misalnya Vietnam dan Thailand imbang dengan gol, kedua tim tersebut yang memastikan slot di semifinal karena Indonesia hanya seri 0-0 ketika melawan mereka.

Namun, andai Vietnam dan Thailand saling mengalahkan, lalu Indonesia menaklukkan Myanmar, maka Indonesia dapat tiket langsung ke semifinal bersama Vietnam atau Thailand.

"Indonesia menyegel tempat di semifinal kalau menang berapa pun skornya atas Myanmar dan, di saat bersamaan, Thailand atau Vietnam saling mengalahkan," tutur Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper