Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Miliarder Asal Arab Saudi Berencana Beli Chelsea, Ini Profil dan Data Kekayaannya

Melansir Middleeasteye, Al-Khereiji sebelumnya pernah menempuh pendidikan di Cass Business School, Inggris. Ia juga menghabiskan tiga tahun untuk bekerja di Deutsche Bank.
Suporter Chelsea/Pinterest
Suporter Chelsea/Pinterest

Bisnis.com, JAKARTA - Chelsea Footbal Club (Chelsea FC) dikabarkan akan memiliki pemilik baru. Sejumlah pengusaha kaya raya dunia mulai berminat untuk meminang klub yang bermarkas di Stamford Bridge ini. Di antara mereka, miliarder asal Arab Saudi, Mohammed Al-Khereiji, kandidat kuat untuk menjadi pemilik baru Chelsea. 

Salah satu media Inggris, Mirror, melaporkan sebuah konsorsium Arab Saudi yang dipimpin oleh Mohammed Al-Khereiji telah sepakat membuat tawaran senilai £ 2,7 miliar atau sekitar Rp 50,4 triliun untuk membeli Chelsea. Harga ini diketahui hanya berselisih tipis dari angka yang dipatok oleh pemiliknya saat ini, Roman Abramovich, yaitu sebesar Rp 57,6 triliun. 

Melansir Middleeasteye, Al-Khereiji sebelumnya pernah menempuh pendidikan di Cass Business School, Inggris. Ia juga menghabiskan tiga tahun untuk bekerja di Deutsche Bank. Saat ini, ia telah memiliki sejumlah perusahaan besar, seperti sebagai kepala eksekutif perusahaan periklanan, Al-Arabia. Dia juga pemilik dari perusahaan induk Engineer Holding Group yang didirikan oleh ayahnya, Abdulelah Al-Khereiji. 

Tak hanya itu, ia diketahui juga menjadi bos di sebuah perusahaan saham gabungan yang berbasis di Riyadh, yakni Saudi Research and Media Group (SRMG). Melalui perusahaan inilah, dirinya berani menawar untuk membeli Chelsea, seperti dikutip dari laporan CBC Sports.  

Total kekayaan bersih dari perusahaan milik konglomerat Al-Khereiji ini tidak ada yang tahu secara pasti. Sebab, SMRG sendiri memiliki sejumlah anak usaha yang tersebar di segala bidang, seperti periklanan, hotel, perbankan, hingga olahraga. Sejumlah media lokal setempat memperkirakan, mereka menghasilkan setidaknya £ 770 juta atau sekitar Rp 14,3 triliun dalam setahun. Tidak menutup kemungkinan akan lebih dari angka yang diperkirakan tersebut. 

Sedangkan kekayaan bersih dari Al-Khereiji sendiri, seperti dikutip dari The Sports Grail, ditaksir mencapai US$ 2,7 miliar atau setara dengan Rp 38,6 triliun. Dengan kekayaannya ini, dirinya diklaim sebagai salah satu orang Arab terkaya di dunia. Kondisi ini sangat memungkinkan dirinya untuk menjadi pemilik baru dari klub yang saat ini diarsiteki oleh Thomas Tuchel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper