Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berulang Tahun ke-124, Ini Sejarah Terbentuknya Juventus

Juventus pertama kali dibentuk oleh sekelompok pelajar dari Liceo Classico Massimo d’Azeglio, sebuah sekolah menengah umum di Turin, Italia, yang tertarik dengan sepak bola.
Suporter Juventus/Reuters-Alessandro Bianchi
Suporter Juventus/Reuters-Alessandro Bianchi

Bisnis.com, JAKARTA - Pada 1 November merupakan tanggal yang istimewa bagi para fans klub sepak bola Juventus. Sebab, pada tanggal tersebut, klub yang mereka bela merayakan ulang tahun. Pada tahun ini, Juventus genap berusia 124 tahun.

Angka tersebut tentu bukanlah angka yang sedikit. Banyak hal yang telah dilalui oleh klub sepak bola asal Italia tersebut. Dilansir dari juventus.com, Juventus pertama kali dibentuk oleh sekelompok pelajar dari Liceo Classico Massimo d’Azeglio, sebuah sekolah menengah umum di Turin, Italia, yang tertarik dengan sepak bola. Sekelompok pelajar tersebut bertemu dan saling berbagi ketertarikan mereka terhadap sepak bola di sebuah kursi taman di Corso Re Umberto.

Di atas kursi taman tersebutlah ide mengenai pembentukan Juventus tercetus. Kemudian, sebagaimana dilansir dari p2k.unkris.ac.id, klub sepak bola bernama “Societa Via Port” pun terlahir pada 1 November 1897. Nama tersebut pun mengalami beberapa kali pergantian, mulai dari “Societa sportive Massimo D’Azeglio” hingga akhirnya menjadi “Juventus” seperti yang dikenal saat ini.

Pada saat pertama kali terbentuk, Juventus tidak langsung bermain di sebuah liga resmi. Dilansir dari juventus.com, Juventus baru bisa bermain di liga resmi pada 1900. Jersey yang dipakai Juventus saat itu tidak sama seperti sekarang. Saat itu, Juventus memakai jersey berwarna merah jambu yang sangat unik. Dilansir dari britannica.com, jersey ikonik Juventus yang terdiri dari kombinasi garis-garis hitam dan putih seperti saat ini baru diadopsi pada 1903.

Masa perjalanan awal Juventus di liga resmi bisa dibilang cukup cemerlang. Pada 1905, Juventus berhasil membawa pulang Gelar Juara Liga Italia yang pertama. Juventus semakin berjaya saat keluarga Agnelli, pemilik perusahaan otomotif Fiat, mengambil alih hak miliknya pada 1923. Dua tahun setelahnya, Juventus berhasil meraih Gelar Juara Liga Italianya yang kedua. Bahkan, pada 1930, Juventus berhasil meraih lima Gelar Juara Liga Italia sekaligus. Selain itu, pada tahun yang sama, Juventus juga menyumbangkan sembilan pemainnya untuk bermain di Piala Dunia 1934, yang kemudian berhasil membuat Italia membawa pulang Piala Dunia 1934.

Selain berhasil membawa pulang berbagai gelar juara, Juventus juga tumbuh menjadi klub yang sering mencetak pemain bintang. Dilansir dari britannica.com, suntikan dana dari keluarga Agnelli membuat Juventus mampu menandatangani kontrak dengan berbagai pemain kelas dunia. Hingga kini, Juventus telah berhasil melahirkan berbagi pemain kelas dunia, seperti Omar Sívori, Michel Platini, Roberto Baggio, Zinedine Zidane, dan Gianluigi Buffon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper