Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mantan Pemain Arsenal & Pelatih MU Tommy Docherty Meninggal Dunia

Mantan pemain Arsenal dan pelatih Manchester United Tommy Docherty meninggal dunia dalam usia 92 tahun. Dia juga merupakan mantgan pemain dan pelatih Skotlandia.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 01 Januari 2021  |  11:41 WIB
Mantan pelatih Manchester United dan Skotlandia Tommy Docherty meninggal dunia dalam usia 92 tahun. - @ManUtd
Mantan pelatih Manchester United dan Skotlandia Tommy Docherty meninggal dunia dalam usia 92 tahun. - @ManUtd

Bisnis.com, JAKARTA – Mantan pelatih Manchester United dan Skotlandia Tommy Docherty meninggal dunia dalam usia 92 tahun di Glasgow, Skotlandia, pada Kamis (31/12/2020) waktu setempat atau Jumat (1/1/2021) WIB setelah lama sakit.

Sebagai pemain, Docherty yang kelahiran Glasgow membuat lebih dari 300 penampilan untuk Preston dan memenangkan 25 caps untuk Skotlandia. Dia juga pernah berseragam Arsenal pada 1958 hingga 1961.

Dia kemudian mengelola 12 klub, membawa Chelsea meraih sukses Piala Liga pada 1965 dan United  juara Piala FA 1977, menang 2–1 atas Liverpool di final.

"Tommy meninggal dengan damai dikelilingi oleh keluarganya di rumah," kata keluarganya dalam sebuah pernyataan.

"Dia adalah suami, ayah, dan ayah yang sangat dicintai dan akan sangat dirindukan. Kami meminta agar privasi kami dihormati saat ini."

Docherty - yang dikenal dengan julukan 'The Doc' - meninggal di rumahnya di barat laut Inggris.

Setelah mengelola Chelsea, Rotherham, Queens Park Rangers, Aston Villa, dan Porto, dia mengambil alih sebagai pelatih Skotlandia pada September 1971 untuk sementara sebelum mendapatkan pekerjaan penuh waktu 2 bulan kemudian.

Dia terkenal karena lima musimnya menangani Manchester United, yang mendekatinya untuk menggantikan Frank O'Farrell pada Desember 1972 ketika Skotlandia berada di jalur untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 1974.

Docherty memenangkan penghargaan terbesar dalam karir manajerialnya dengan memimpin United ke Piala FA 1977.

United terdegradasi pada 1974 di bawah Docherty, tetapi mereka mempertahankannya dan kembali ke papan atas pada musim berikutnya.

Berselang 2 tahun kemudian, mereka memenangkan Piala FA dengan kemenangan atas Liverpool asuhan Bob Paisley, yang telah memenangkan liga dan juga memenangkan Piala Eropa tahun itu.

Pada 2014, dia mengatakan kepada BBC bahwa dia masih menyesali keputusannya meninggalkan pekerjaan di Skotlandia untuk United.

"Saya bodoh," katanya. "Saya seharusnya tinggal dengan Skotlandia. [Itu] sebagian karena uang, saya harus jujur tentang itu."

Docherty dipecat tak lama setelah kemenangan Wembley karena berselingkuh dengan Mary Brown, istri fisioterapis United Laurie Brown. Pasangan itu kemudian menikah dan tetap bersama sampai kematiannya.

Docherty kembali ke manajemen bersama tim Divisi Pertama Derby pada September 1977, kemudian bergabung kembali dengan QPR 2 tahun kemudian. Masa pergolakan di Loftus Road membuatnya dipecat pada Mei 1980, dipekerjakan kembali 9 hari kemudian, lalu dipecat lagi pada Oktober berikutnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manchester united arsenal Timnas Skotlandia

Sumber : BBC

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top