Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Community Shield Liverpool vs Arsenal, Ini 9 Data & Faktanya

Arsejnal dan Liverpool akan jumpa dalam pertandingan Community Shield. Berikut data dan fakta menjelang pertandingan di Wembley tersebut.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 29 Agustus 2020  |  13:39 WIB
Dua penyerang andalan Liverpool, Sadio Mane (kanan) dan Mohamed Salah. - Reuters/Phil Noble
Dua penyerang andalan Liverpool, Sadio Mane (kanan) dan Mohamed Salah. - Reuters/Phil Noble

Bisnis.com, JAKARTA – Juara Liga Primer Inggris Liverpool akan meladeni juara Piala FA (Football Association) Arsenal untuk berebut trofi Community Shield pada Sabtu (29/8/2020) mulai pk. 22.30 WIB.

Menjelang laga itu, pelatih Arsenal asal Spanyol Mikel Arteta mengingatkan bahwa kemenangan timnya atas Liverpool di pertemuan terakhir di Liga Primer merupakan titik balik kebangkitan The Gunners.

Sementara itu, pelatih Liverpool asal Jerman Jurgen Klopp mengemukakan bahwa Community Shield akan memulai "salah satu musim paling intens" bagi tim Merseyside tersebut dan ini bukan laga persahabatan.

Berikut data dan fakta menjelang pertandingan tersebut, yang bakal digelar di Stadion Wembley, London, dan akan disiarkan langsung oleh RCTI.

# Arsenal dan Liverpool akan bertemu di final Community Shield untuk keempat kalinya (sebelumnya pada 1979, 1989, 2002), dengan klub Merseyside memenangkan dua pertemuan pertama dan The Gunners memenangkan pertemuan terakhir pada 2002 (1-0).

# Liverpool dan Arsenal akan bertemu di Wembley untuk pertama kalinya sejak Community Shield 1989, yang dimenangi Liverpool 1–0 berkat gol Peter Beardsley. Di laga Community Shield mereka terakhir pada 2002, laga digelar di Cardiff, Wales.

# Ini akan menjadi gelaran Community Shield dengan tanggal paling terlambat—tertunda akibat kompetisi sempat dihentikan pandemi corona—sejak Bolton Wanderers mengalahkan Wolverhampton Wanderers pada 6 Oktober 1958 (skor 4–1). Ketika itu masih bernama Charity Shield.

# Arsenal memenangkan tujuh dari sembilan penampilan Community Shield terakhir mereka, termasuk tiga penampilan terakhir atas Manchester City pada 2014 serta Chelsea pada 2015 dan 2017.

# Arsenal mengakhiri 10 pertandingan tanpa kemenangan melawan Liverpool di semua kompetisi, mengalahkan sang juara Liga Primer 2–1 di Emirates pada Juli, sehingga kini The Gunners mengincar untuk memenangkan pertandingan beruntun melawan Liverpool untuk pertama kali sejak September 2012.

# Tidak termasuk pertandingan liga, Liverpool hanya memenangkan satu dari tujuh pertandingan terakhir mereka di Wembley (tiga seri, tiga kalah) dan tetap tanpa kemenangan sejak unggul 2–1 melawan sesama tim Merseyside Everton di semifinal Piala FA 2012 (dua seri, dua kalah).

# Tidak termasuk pertandingan liga, Arsenal hanya kalah satu kali dari 12 pertandingan terakhir mereka di Wembley (sembilan menang, dua seri). Mereka kalah 0–3 dari Manchester City di final Piala Liga 2018.

# Pierre-Emerick Aubameyang mencetak dua gol dalam dua penampilan terakhirnya di Wembley untuk Arsenal (vs ManCity & Chelsea). Hanya Alexis Sanchez (5) yang mencetak lebih banyak gol untuk The Gunners di Stadion Wembley daripada Aubameyang (4, sejajar dengan Aaron Ramsey).

# Pemain Liverpool Sadio Mane melakukan debut di sepak bola Inggris melawan Arsenal pada September 2014 (untuk Southampton). Sejak itu, dia hanya mencetak lebih banyak gol melawan Crystal Palace (9) di semua kompetisi daripada melawan The Gunners (6).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liverpool arsenal community shield

Sumber : BBC

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top