Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Gonjang-ganjing Barcelona Berujung Ronald Koeman

Barcelona mengalami gonjang-ganjing sepanjang tahun ini sejak pemecatan Ernesto Valverde sebagai pelatih pada Januari lalu untuk digantikan Quique Setien. Terakhir Ronald Koeman ditunjuk sebagai pelatoih menggantikan Setien.
Pelatih baru Barcelona Ronald Koeman./The Independent
Pelatih baru Barcelona Ronald Koeman./The Independent

Bisnis.com, JAKARTA – FC Barcelona, runner-up La Liga Spanyol, akhirnya menetapkan Ronald Koeman sebagai pelatih baru mereka untuk menggantikan Quique Setien Solar.

Sepanjang tahun ini Barcelona memang mesti melewati gonjang-ganjing setelah memutuskan untuk memecat Ernesto Valverde yang gagal memenuhi harapan manajemen klub Katalan untuk meraih trofi Liga Champions Eropa.

Terakhir kali Blaugrana menikmati indahnya merengkuh gelar juara Liga Champions adalah pada 2015. Ketika itu, klub Katalan tersebut ditukangi Luis Enrique, yang sekarang menangani Timnas Spanyol.

Berikut gonjang-ganjing Barcelona sepanjang 2020:

13 Januari: Quique Setien ditunjuk sebagai pelatih Barcelona dengan kontrak 2,5 tahun sebagai penerus Ernesto Valverde yang dipecat dan setelah Barca gagal menarik Xavi Hernandez, mantan kapten Barca, yang memilih meneruskan tugasnya sebagai pelatih klub Qatar Al Sadd.

19 Januari: Setien memenangkan pertandingan pertamanya sebagai pelatih dengan Lionel Messi mencetak satu-satunya gol dalam kemenangan 1–0 atas Granada.

6 Februari: Barcelona tersingkir dari Copa del Rey di babak perempat final akibat dikalahkan Athletic Bilbao.

1 Maret: Kalah dalam laga El Clasico dari Real Madrid, sehingga Los Blancos mengambil alih kepemimpnan klasemen dari Barca.

16 Juli: Barca dipastikan melepas gelar La Liga setelah di Camp Nou dikalahkan Osasuna 1–2 dan hasil itu mengakhiri 30 pertandingan kandang tanpa terkalahkan.

14 Agustus: Barca mengalami rekor kekalahan 2–8 dari Bayern Munchen di perempat final Liga Champions.

17 Agustus: Barcelona memecat Setien.

18 Agustus: Ronald Koeman menyatakan minat untuk mengambil posisi kosong; Barcelona memecat Direktur Olahraga Eric Abidal, tokoh yang menyingkirkan Valverde.

19 Agustus: Koeman resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Barcelona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper