Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ballon d'Or 2019 Milik Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo?

Penghargaan Ballon d'Or 2019 semakin dekat dan pemenangnya akan diumumkan pada 2 Desember di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 November 2019  |  00:58 WIB
Trofi Ballon d'Or - Reuters
Trofi Ballon d'Or - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Penghargaan Ballon d'Or 2019 semakin dekat dan pemenangnya akan diumumkan pada 2 Desember di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis.

Banyak pihak yang memprediksi tahun ini Lionel Messi akan memenangkan Ballon d'Or keenamnya.

Berikut lima kandidat favorit dan pendapat mereka tentang siapa yang berhak membawa pulang bola emas yang menjadi salah satu penghargaan individu terbaik di jagat sepak bola.

Kylian Mbappe: Lionel Messi

Pemain berusia 20 tahun menyebut kapten Barcelona ini sebagai kandidat favoritnya untuk Ballon d'Or.

Mbappe sendiri adalah salah satu dari dua pemain Paris Saint-Germain yang dinominasikan untuk penghargaan itu bersama dengan bek Marquinhos.

“Dalam catatan individual, ia [Lionel Messi] adalah yang terbaik tahun ini,” kata Mbappe ketika ditanya siapa yang paling memenuhi syarat untuk memenangkan Ballon d'Or 2019.

Frenkie de Jong: Lionel Messi

Mantan pemain Ajax dan gelandang saat ini berseragam Barcelona, Frenkie de Jong adalah salah satu pemain terbaik di dunia musim lalu.

Namun, ketika ditanya tentang kandidat pilihannya, ia memiliki jawaban sama dengan Mbappe yaitu Leo Messi.

“Saya telah berkali-kali mengatakan bahwa (Lionel) Messi adalah pemain terbaik di dunia dan ia harus memenangkan Ballon d'Or,” kata De Jong.

“Van Dijk memiliki musim yang luar biasa, ia adalah pemain bertahan hebat dan salah satu pemain terbaik di dunia. Namun, tanpa diragukan lagi Messi adalah yang terbaik di dunia,” tambahnya.

Eden Hazard: Sadio Mane, Mohamed Salah

Pemain Real Madrid Eden Hazard yakin bahwa salah satu dari dua penyerang Liverpool, Sadio Mane dan Mohamed Salah harus memenangkan Ballon dOr tahun ini.

"Saya akan memberikannya kepada pemain Liverpool," kata Hazard kepada Le Parisien.

“Mane, Salah atau Van Djik pantas mendapatkannya. Bila Sadio (Mane) memenangkan Piala Afrika dengan Senegal, tidak akan ada perdebatan lagi."

"Akan indah bila ia memenangkannya. Atau Momo (Salah), yang merupakan salah satu teman saya. Itu akan menjadi hal yang baik bagi sepak bola Afrika dan Inggris.”

Virgil van Dijk: Lionel Messi

Bek Liverpool sekaligus timnas Belanda Virgil van Dijk diyakini banyak orang sebagai kandidat paling pantas untuk penghargaan Ballon d'Or.

Namun, van Dijk sudah menetapkan kandidat favoritnya untuk penghargaan bergengsi tersebut.

"Saya rasa Messi adalah pemain terbaik di dunia," katanya. "Ia layak mendapatkannya selama ia masih bermain, jadi Ballon d'Or bukan sesuatu yang saya pikirkan," ujar mantan bek Southampton itu.

"Bila itu terjadi jelas saya akan menerimanya, tetapi saya rasa tidak ada (peluang). Ia masih pemain terbaik di dunia. Tidak masalah bila ia tidak berada di final Liga Champions."

Cristiano Ronaldo: Cristiano Ronaldo

Yang terakhir tidak lain adalah Cristiano Ronaldo. Penyerang timnas Portugal tersebut yakin bahwa dirinya harus menyelesaikan kariernya dengan memiliki lebih banyak Ballon d'Or dibandingkan dengan Messi.

Meski dia tidak secara jelas menyebutkan bahwa ia pantas menerima Ballon d'Or edisi 2019, CR7 mengatakan bahwa ia pantas memiliki lebih banyak penghargaan tersebut dibandingkan dengan rivalnya itu.

"Messi sudah masuk dalam sejarah sepak bola," kata Ronaldo kepada Piers Morgan dalam sebuah wawancara dengan ITV Inggris.

"Namun, saya merasa harus memiliki enam atau tujuh atau delapan Ballon d'Or dan lebih banyak darinya (Messi)," tambah pemain Juventus itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Juventus Barcelona ballon dor

Sumber : Antara/Fox Sports/Le Parisien/ITV

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top