Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Barca, Madrid, Spurs, City, Leipzig Segera Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Perebutan trofi Liga Champions Eropa musim 2019 - 2020 segera menggulirkan rangkaian pertandingan matchday kelima fase grup. Lima tim ini segera lolos ke 16 besar.
Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane. Tim asuhannya segera lolos ke babak 16 besar Liga Champions./Reuters-Denis Balibouse
Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane. Tim asuhannya segera lolos ke babak 16 besar Liga Champions./Reuters-Denis Balibouse

Bisnis.com, JAKARTA – Perebutan trofi Liga Champions Eropa musim 2019 - 2020 segera menggulirkan rangkaian pertandingan matchday kelima fase grup.

Sebanyak 32 tim bertarung di fase grup, dibagi menjadi delapan grup dengan setiap grupnya dihuni empat tim. Dua tim teratas di klasemen akhir setiap grup melaju ke 16 besar atau perdelapan final.

Juara bertahan Liga Champions Eropa ialah Liverpool setelah dalam pertandingan final edisi musim lalu sukses menundukkan sesama kontestan Liga Primer Inggris Tottenham Hotspur dengan skor 2 - 0.

Untuk musim ini, Liverpool di Grup E bersama Genk (Belgia), Napoli (Italia), dan Red Bull Salzburg (Austria) untuk berebut setidaknya posisi kedua klasemen akhir untuk melaju ke fase knock out.

Tim-tim pemuncak grup klasemen sementara adalah Paris Saint-Germain (A), Bayern Munchen (B), Manchester City (C), Juventus (D), Liverpool (E), FC Barcelona (F), RB Leipzig (G), dan Ajax Amsterdam (H).

Sejauh ini tiga tim telah dipastikan lolos ke babak 16 besar atau fase kncok out yakni Paris Saint-Germain, Bayern Munchen, dan Juventus. Perolehan nilai mereka tak mungkin lagi dapat dikejar tim yang saat ini menduduki peringkat ketiga di Grup A, B, dan D.

Rangkaian pertandingan matchday kelima ini akan menghasilkan sejumlah tim memastikan pula lolos ke 16 besar mengikuti jejak ketiga tim tersebut.

Di Grup A, Real Madrid akan lolos mendampingi Paris Saint-Germain jika mampu menaklukkan klub juara Prancis tersebut. Bahkan, Madrid tetap akan lolos jika seri, asalkan Club Bruges imbang atau bahkan kalah di markas Galatasaray.

Di Grup B, Tottenham Hotspur akan lolos mendampingi Bayern Munchen jika Red Star Beograd dikalahkan Bayern Munchen. Jika itu terjadi, Spurs tetap akan lolos apa pun hasil pertandingannya ketika menjamu Olympiakos Piraeus.

Jika ternyata Red Star menang, Spurs harus menang atas Olympiakos untuk memastikan lolos. Menyimak hasil pertemuan pertama di markas Olympiakos seri 2 - 2, tentu berdasar hitungan di atas kertas mestinya Spurs bakal mampu menggulung Olympiakos di London.

Di Grup C, Manchester City tinggal “seujung kuku” lolos ke 16 besar. Hasil imbang saat menjamu Shakhtar Donetsk memastikan The Citizens lolos setidaknya sebagai runner-up, tetapi tetap lebih besar kemungkinannya sebagai juara grup.

Kalau pun nilai City disamai Shakhtar, artinya jika Shakhtar mampu membuat kejurtan di London dengan menang atas City, asalkan selisihnya maksimal dua gol, City tetap lolos dengan keunggulan head to head karena di pertemuan pertama di Ukraina City menang 3 - 0.

Di Grup F, FC Barcelona di ambang kelolosan. Itu terjadi jika mampu menaklukkan Borussia Dortmund di Camp Nou. Kalau pun Barca hanya seri, tapi di laga lain Inter Milan tersandung di kandang Slavia Praha, katakanlah juga imbang, maka Barca tetap lolos paling tidak sebagai runne-up grup.

Sementara itu, dari Grup G, RB Leipzig akan memastikan menggenggam tiket 16 besar jika mampu menundukkan tamunya Benfica.

Lyon juga akan lolos jika bisa mengimbangi tuan rumah Zenit St. Petersburg dengan minimal mencetak satu gol (skor 1 - 1, 2 - 2, dan seterusnya). Jika itu terjadi, Zenit berpotensi menyamai nilai Lyon di klasemen akhir, tapi Lyon unggul head to head.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper