Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kembali Melatih Persipura, Jacksen Tiago Sudah Tiba di Jayapura

Pelatih berkebangsaan Brasil Jacksen F. Tiago segera mebukangi tim Persipura Jayapura setelah pada Jumat (12/7/2019) sore tiba di Jayapura, Papua.
Jacksen F. Tiago/Antara-Rosa Panggabean
Jacksen F. Tiago/Antara-Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAYAPURA – Pelatih berkebangsaan Brasil Jacksen F. Tiago segera mebukangi tim Persipura Jayapura setelah pada Jumat (12/7/2019) sore tiba di Jayapura, Papua.

"Tadi sore saya baru tiba di Bandara Sentani, disambut gembira oleh warga dan Persipuramania serta pengurus tim. Saya langsung ke Mandala menyapa para pemain, besok (Sabtu) baru saya pimpin latihan," ujarnya di Jayapura pada Jumat.

Dia mengaku warga dan Persipuramania menyambutnya dengan luar biasa di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, hingga mendampinginya ke Stadion Mandala untuk melihat dan menyapa Boaz Solossa dan kawan-kawan yang sedang berlatih.

"Luar biasa. Saya bertemu dengan suporter, beberapa rekan wartawan, dan bersalaman dengan para pemain. Yah, jelas perasaan balik ke sini terharu," ujarnya.

"Karena kembali kesini di luar perkiraan saya secara pribadi, saya tidak punya rencana besar kembali kesini untuk menjadi pelatih lagi. Tapi saya meyakini ini adalah rencana Tuhan ciptakan untuk rencana besar bertemu lagi," paparnya.

Jacksen berharap prestasi yang ditorehkan beberapa tahun lalu ketika menangani tim berjulu Mutiara Hitam itu bisa terulang kembali, sehingga Persipura bisa berjaya dan meraih prestasi yang terbaik.

"Semoga kita bisa menyatukan visi dan misi kembali seperti dulu dan syukur kalau kita samai prestasi yang pernah kita rengkuh bersama. Ini akan menjadi pekerjaan yang sangat luar biasa berat, karena persaingan masa kini sangat berbeda dengan lalu," ucapnya.

Namun, pelatih berkepala plontos itu meyakini dengan kerja sama tim dan manajemen yang baik, bukan tidak mungkin prestasi yang pernah diraih akan terulang kembali, meski bukan dengan skuad yang sama seperti dulu.

"Yang penting kita harus bekerja keras dan bekerjasama serta dukungan doa dari semua pihak agar kita bisa raih prestasi," kata Jacksen sebagaimana ditulis Antara.

Dalam catatan Bisnis.com, Jacksen bukan orang baru bagi Persipura. Dia menukangi skuat Mutiara Hitam kebanggaan warga Papua itu selama 6 tahun pada 2008 hingga 2014.

Sebelum melatih Persipura, dia menangani sejum lah klub di Indonesia yakni Assyabaab Surabaya, Persebaya Surabaya, Persita Tangerang, Persiter Ternate, Mitra Kukar, dan Persitara Jakarta Utara.

Setelah pergi dari Persipura, Jacksen sempat bertugas di Malaysia bersama Penang FA pada 2014 hingga 2016. Dia lantas kembali ke Indonesia untuk melatih Barito Putera dan mengundurkan diri sekitar 2 pekan lalu.

Meski tetap memegang paspor Brasil, Jacksen sudah berada di Indonesia sejak 1994 ketika sebagai pemain merumput bersama Petrokimia Putra. Dia jujga sempat membela PSM Makassar dan Persebaya Surabaya.

Dia sempat pula bermain untuk dua klub Singapura, Geylang United dan Home United, serta klub China Guangzhou Matsunichi yang merupakan pelapis klub Liga Super China Guangzhou Evergrande.

Sekarang dia menggantikan Luciano Leandro, juga asal Brasil, yang mengundurkan diri setelah Persipura tak pernah menang dalam tujuh laga awal Liga 1 2019, termasuk tiga kali seri saat main di Stadion Mandala Jayapura, terakhir 1 - 1 ketika menjamu Perseru Badak Lampung FC pada Rabu (10/7/2019).

Persipura menduduki peringkat ke-17 dari 18 tim dengan nilai 4, hasil empat kali seri, termasuk satu hasil imbang di kandang Persela Lamongan. Posisi Persipura hanya lebih baik dibandingkan dengan Semen Padang FC dengan nilai 3.

Tugas pertama Jacksen di Liga 1 tahun ini bersama Persipura ialah ketika mereka menjamu Madura United yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa (16/7/2019) mulai pk. 15.30 WIT atau 13.30 WIB di Stadion Mandala Jayapura yang direncanakan disiarkan secara langsung oleh OChannel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara & berbagai sumber
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper