Sadio Mane Gagal Penalti Lagi, Tapi Loloskan Senegal ke 8 Besar Piala Afrika

Gol semata wayang striker Liverpool Sadio Mane membawa Senegal lolos ke perempat final Piala Afrika 2019 di Mesir dengan menaklukkan Uganda 1 - 0.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 06 Juli 2019  |  04:38 WIB
Sadio Mane Gagal Penalti Lagi, Tapi Loloskan Senegal ke 8 Besar Piala Afrika
Striker Senegal Sadio Mane selepas menjebol gawang Uganda. - Reuters/Amr Abdallah Dalsh

Bisnis.com, JAKARTA – Gol semata wayang striker Liverpool Sadio Mane membawa Senegal lolos ke perempat final Piala Afrika 2019 di Mesir dengan menaklukkan Uganda 1 - 0, tetapi ironisnya, dia lagi-lagi gagal mengeksekusi penalti.

Dalam pertandingan 16 besar di Stadion Internasional Kairo pada Sabtu (6/7/2019) dini hari WIB, Sadio Mane mencetak gol penentu kemenangan Senegal ke gawang Uganda yang dikawal kiper Denis Onyango pada menit ke-15 dengan memaksimalkan assist Mbaye Niang.

Meski begitu, Mane kembali mencatatkan kegagalan mengeksekusi penalti sebagaimana yang terjadi ketika Senegal menang telak 3 - 0 atas Kenya di fase grup walaupun Mane kemudian mencetak dua gol, satu di antaranya juga hasil eksekusi penalti.

Dalam pertandingan kali ini, Mane gagal menunaikan tugas sebagai eksekutor penalti ketika pertandingan berjalan 1 jam. Tendangannya dapat dipatahkan kiper Uganda Onyango. Penalti diberikan wasit Mustapha Ghorbal (Aljazair) karena Onyango melanggar Mane.

Hasil ini meloloskan Senegal, salah satu tim favorit juara, ke perempat final. Di fase 8 besar itu, Mane dan kawan-kawan akan berhadapan dengan Benin yang secara mengejutkan menyingkirkan Maroko, salah satu favorit juga sebagaimana Senegal.

Sementara itu bagi Uganda, ini menjadi akhir perjalanan mereka yang lolos dari fase grup yang merupakan kesuksesan pertama kali dalam 41 tahun terakhir.

Bagaimana pun, keberhasilan lolos dari fase grup ini termasuk hebat mengingat mereka diusik masalah pembayaran honor pemain dengan federasi sepak bola Uganda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Liverpool, piala afrika, Timnas Senegal

Sumber : Reuters & CAFOnline

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top