HASIL COMMUNITY SHIELD: Arsenal Juara, Akhirnya Menang vs Chelsea

Arsenal menundukkan Chelsea dengan skor tipis 1-0 untuk merebut trofi Community Shield 2015 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Wembley, London, pada Minggu malam WIB (2/8/2015).
M. Syahran W. Lubis | 02 Agustus 2015 23:30 WIB
Alex Oxlade-Chamberlain (kiri) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Chelsea bersama Santi Cazorla - The Guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Arsenal menundukkan Chelsea dengan skor tipis 1-0 untuk merebut trofi Community Shield 2015 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Wembley, London, pada Minggu malam WIB (2/8/2015).

Laga Community Shield mempertemukan Chelsea sebagai juara Liga Primer Inggris dengan Arsenal sebagai juara Piala FA (Football Assoiation). Di negara lain laga begini disebut Piala Super. Arsenal adalah juara bertahan Community Shield yang direbutnya tahun lalu dengan mengalahkan Manchester City 3-0.

Gol semata wayang yang membawa Arsenal meraih kemenangan itu dikontribusi oleh Alex Oxlade-Chamberlain pada menit ke-24 melalui tendangan keras menyilang dari dalam kotak penalti yang secara teknis memang sangat sulit untuk ditepis kiper Chelsea Thibaut Courtois.

Proses gol penentu kemenangan Arsenal itu bermula dari gerakan Santi Cazorla dari sisi tengah yang melepas bola kepada Theo Walcott. Aksi kedua pemain yang kontraknya baru diperpanjang itu diikuti dengan umpan Walcott kepada Oxlade-Chamberlain yang datang menusuk ke dalam kotak penalti.

Menerima bola dari Walcott, Oxlade-Chamberlain mengolah bola sejenak untuk mengelabui Cesa Aspilicueta dan dalam hitungan detik melepas bidikan keras menyilang mengaraj tepat ke sudut kanan atas gawang Chelsea. Antisipasi Courtois sudah tepat, namun laju bola terlalu deras untuk bisa ditepis.

Seperti tayangan langsung SCTV, Chelsea sedikit lebih mendominasi penguasaan permainan daripada Arsenal. Ini berbeda dengan laga terakhir kedua tim yang berakhir tanpa gol di Stadion Emirates di Liga Primer di mana Chelsea menetapkan taktik parkir bus untuk menahan gelombang serangan Arsenal.

Meskipun sedikit lebih menguasai jalannya pertandingan, sejumlah peluang yang diperoleh kedua tim kandas dan gagal berbuah gol lantaran penampilan bagus kedua penjaga gawang, Courtois di sisi Chelsea dan Petr Cech, mantan kiper Chelsea yang baru saja pindah ke Arsenal.

Kemenangan yang disertai penampilan ciamik Cech sekaligus pembuktian kepada pelatih Chelsea Jose Mourinho bahwa dirinya tidak layak dinomor-duakan setelah Courtois, sebagaimana yang dilakukan sang pelatih asal Portugal itu terhadap kiper Timnas Ceska tersebut sepanjang musim 2014-2015.

Pengabaian terhadap dirinya itulah yang menjadi pemicu utama sehingga Cech memilih untuk meninggalkan Chelsea dan gayung pun bersambut dari pelatih Arsenal Arsene Wenger yang segera mengangkut Cech ke Emirates.

Kemenangan Arsenal dalam pertemuan sesama tim yang berbasis di London itu juga membuat Wenger mampu melakukan ‘pecah telur’ tidak pernah menang atas tim yang dilatih Mourinho, terutama Chelsea, dalam 14 pertandingan terakhir.

Salah satu yang juga menarik diperhatikan dalam laga Community Shield kali ini ialah penampilan ujung tombak Chelsea asal Kolombia Radamel Falcao. Striker itu kembali gagal tampil impresif setelah juga gagal memberi nilai lebih untuk Chelsea di ajang International Champions Cup (ICC) 2015.

Apabila terus-menerus gagal memberikan hasil terbaik, sangat boleh jadi Mourinho lambat laun akan menyadari kekeliruannya mengangkut mantan bomber Atletico Madrid tersebut ke Stadion Stamford Bridge, markas klub berjuluk The Blues itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
chelsea, liga inggris, arsenal, community shield

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top