Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PON 2024: Tim Sepak Bola Aceh Menang WO vs Sulteng, Wasit Dipukul hingga Pingsan

Kemenangan Aceh atas Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam ajang PON 2024 diwarnai aksi kekerasan pemukulan wasit oleh pemain hingga pingsan.
Ilustrasi-Sepak Bola/ REUTERS-Piroschka Van De Wouw
Ilustrasi-Sepak Bola/ REUTERS-Piroschka Van De Wouw

Bisnis.com, JAKARTA - Tim sepak bola putra Aceh berhasil lolos ke semifinal PON XXI setelah menang WO (walkover) atas Sulawesi Tengah pada partai perempat final yang berlangsung di Stadion Dimurthala, Banda Aceh pada Sabtu (14/9/2024).

Dilansir dari Antara, Sulawesi Tengah sempat unggul 1-0 di babak pertama berkat Wahyu Alan di babak pertama atau menit ke-24. Lewat skema serangan balik, Wahyu Alan melepaskan tendangan keras yang gagal dibendung oleh kiper setelah lolos dari perangkap offside. 

Aceh coba bangkit. Pada menit ke-33, Aceh mendapat peluang untuk mengejar ketertinggalan lewat tendangan bebas. Sayang tendangan Resi Wahyudi di pinggir kotak penalti gagal membuahkan gol karena berhasil ditepis kiper Sulteng Rexy sebelum dibuang keluar.

Sejak awal pertandingan berlangsung dengan keras hingga pada menit ke-38 pertandingan dihentikan setelah terjadi perselisihan antara pelatih Sulsel dengan staf pelatih Aceh di pinggir lapangan yang memicu emosi suporter tuan rumah. Suporter Aceh melempar botol-botol minuman ke lapangan.

Pertandingan dilanjutkan. Wasit memberikan  memberikan tambahan waktu tujuh menit sebelum babak pertama berakhir dengan skor masih bertahan 1-0 untuk keunggulan Sulteng.

Pada babak kedua, Aceh berusaha makin keras untuk mengejar ketertinggalan. Tendangan bebas Tifatul Ulfi di sisi kiri mengarah langsung ke gawang, tetapi Rexy melakukan penyelamatan bagus untuk mengamankan gawangnya.

Aceh terus menggempur pertahanan Sulteng, tetapi upaya tim tuan rumah belum berhasil membobol gawang lawan.

Pada menit ke-74, Sulteng harus bermain dengan 10 pemain setelah wasit mengusir Wahyu Alman karena pemain bernomor punggung 25 itu mengangkat kaki terlalu tinggi saat mencoba membuang bola kartu kuning dan hampir mengenai kepala pemain Aceh.

Permainan Sulteng makin keras sehingga wasit mengeluarkan banyak kartu kuning dan berujung dua kartu merah lagi.

Saat wasit memberikan kartu merah yang kedua untuk Sulteng yaitu pada menit ke-85 terhadap Moh Akbar terjadi sejumlah protes. Bahkan sempat terjadi perselisihan selama beberapa menit sebelum wasit memberikan tambahan waktu 13 menit.

 Puncaknya kontroversi dalam pertandingan ini terjadi pada menit ke-97 kala wasit memberikan hadiah penalti untuk tuan rumah Aceh. Tidak terima dengan keputusan itu, pemain Sulteng bernomor punggung 15 Rizki Saputra memukul wasit di bagian kepala hingga terjatuh dan pingsan. Wasit dibawa keluar dari lapangan menggunakan mobil ambulan.

Peristiwa tersebut membakar emosi pendukung tuan rumah dan melemparkan botol ke lapangan. Kericuhan pun sempat terjadi, dan pada akhirnya pertandingan terhenti untuk sementara.

Setelah beberapa menit, pertandingan kembali dilanjutkan. Rizki Saputra mendapatkan kartu merah dari wasit yang menjadi kartu merah ketiga untuk Sulteng.

Aceh melakukan eksekusi penalti, tetapi Rexy masih bisa melakukan penyelamatan. Laga masih dalam keadaan skor 0-1. 

Namun, beberapa saat kemudian, Aceh kembali mendapatkan hadiah penalti. Wasit memberikan hadiah penalti usai pemain Sulteng dianggap melakukan handsball. Akmal Juanda mengambil penalti pun sukses melakukan tugasnya, dan skor menjadi imbang 1-1.

Setelah peluit panjang dibunyikan wasit, laga seharusnya dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Namun, tim Sulteng memutuskan untuk mengundurkan diri alias WO yang membuat Aceh yang dipastikan lolos ke semifinal, sementara Sulteng harus terhenti langkahnya di babak 8 besar.

Di semifinal, Aceh akan menghadapi Jawa Timur yang dijadwalkan berlangsung pada Senin 16 September 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper