Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Imbas Nyanyian Soal Gibraltar, Rodri dan Morata Disanksi UEFA

Federasi sepak bola Eropa alias UEFA menjatuhkan sanksi kepada 2 pemain Timnas Spanyol Rodri dan Alvaro Morata akibat aksi mereka selepas juara Euro 2024.
Gelandang Spanyol Rodri disanksi UEFA karena nyanyian soal Gibraltar / Reuters/Lee Smith
Gelandang Spanyol Rodri disanksi UEFA karena nyanyian soal Gibraltar / Reuters/Lee Smith

Bisnis.com, JAKARTA - Federasi sepak bola Eropa alias UEFA menjatuhkan sanksi kepada 2 pemain Timnas Spanyol Rodri dan Alvaro Morata akibat aksi mereka selepas juara Euro 2024.

Rodri dan Alvaro Morata dihukum oleh UEFA berkaitan dengan nyanyian mereka dalam pesta perayaan juara Euro 2024 di Madrid pada 15 Juli lalu.

Kejadian bermula ketika Rodri, yang dinobatkan jadi pemain terbaik Euro 2024, mengambil mikrofon dan menyanyikan chant mengenai Gibraltar.

"Gibraltar es Espanol (Gibraltar adalah bagian Spanyol)," ucap Rodri melalui mikrofon.

Nyanyian itu turut diikuti oleh kapten tim Alvaro Morata yang bertindak sebagai pemimpin acara perayaan tersebut.

Nyanyian itu memicu protes dari Asosiasi Sepak Bola Gibraltar yang keberatan dengan ucapan 2 pemain Tim Matador itu.

Maklum, Spanyol dan Inggris, yang berduel di final Euro 2024, punya masalah geopolitik berkaitan dengan negara Gibraltar.

"Perayaan yang sangat provokatif dan menghina Gibraltar dalam kemenangan tim nasional Spanyol di Euro 2024, sepak bola tidak memiliki tempat untuk perilaku seperti ini," bunyi pernyataan resmi Asosiasi Sepak Bola Gibraltar.

Protes dari Gibraltar pun dikabulkan oleh UEFA. Komite Etik dan Disiplin UEFA menjatuhkan sanksi untuk Rodri dan Morata yang melanggar Pasal 11 Kode Disiplin UEFA.

"Dalam pernyataan yang mengonfirmasi sanksi tersebut Badan Kontrol, Etika, dan Disiplin UEFA mengatakan bahwa para pemain [Morata dan Rodri] harus menjalani larangan bermain satu pertandingan karena gagal mematuhi prinsip-prinsip umum perilaku, melangar aturan dasar perilaku yang pantas, menggunakan kegiatan olahraga untuk melakukan hal-hal yang tidak bersifat sportivitas dan mencemarkan nama baik olahraga sepak bola, khususnya UEFA," bunyi pernyataan resmi UEFA.

Dengan sanksi tersebut, Rodri dan Morata bakal absen saat La Furia Roja menghadapi Serbia di ajang UEFA Nations League pada 5 September mendatang.

Asosiasi Sepak Bola Gibraltar pun menyambut positif sanksi yang diberikan UEFA kepada 2 pemain Timans Spanyol itu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper