Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Susul Kroos, Ilkay Gundogan Umumkan Pensiun dari Timnas Jerman

Kapten Timnas Jerman, Ilkay Gundogan, resmi mengumumkan pensiun dari pertandingan internasional setelah Euro 2024.
Ilkay Gundogan mengumumkan pensiun dari Timnas Jerman / Reuters
Ilkay Gundogan mengumumkan pensiun dari Timnas Jerman / Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kapten Timnas Jerman, Ilkay Gundogan, resmi mengumumkan pensiun dari pertandingan internasional setelah Euro 2024.

Ilkay Gundogan memimpin sebagai kapten Timnas Jerman dalam gelaran Euro 2024 pada Juli lalu.

Selepas Euro 2024, Ilkay Gundogan mengumumkan pensiun dari Timnas Jerman lantaran merasa kelelahan secara fisik dan mental.

"Setelah beberapa minggu merenung, saya memutuskan bahwa sudah waktunya untuk mengakhiri karier saya di Tim Nasional Jerman," tulis Ilkay Gundogan dalam unggahan di Instagram.

Pemain yang tahun ini berusia 34 tahun itu telah mencatat 82 caps bersama Timnas Jerman, sejak debut pada 2011.
Gundogan mengaku tidak pernah membayangkan akan mencapai angka tersebut ketika pertama kali dipanggil Der Panzer.

"Saya melihat kembali 82 pertandingan internasional dengan penuh kebanggaan - sebuah angka yang tak pernah saya bayangkan ketika pertama kali memulai debut di tim nasional pada 2011," ucap dia.

Gundogan juga jejak Toni Kroos dan Thomas Mueller yang sudah lebih dulu menyatakan pensiun dari Timnas Jerman setelah Euro 2024.

Pemain Barcelona itu membawa Jerman lolos ke perempat final Euro 2024 sebelum kalah dari tim juara Spanyol dalam perpanjangan waktu.

Gundogan mengakui kelelahan fisik dan mental menjadi faktor utama di balik keputusannya gantung sepatu dari Timnas Jerman.

"Saya merasakan kelelahan tertentu di tubuh dan kepala saya, yang membuat saya berpikir ulang. Dan pertandingan di level klub dan tim nasional tidak akan semakin sedikit," tuturnya.

Kendati gagal juara Euro 2024, Jerman dinilai menunjukkan kembali kekuatan mereka setelah rentetan hasil buruk di Piala Dunia 2018, Euro 2020, dan Piala Dunia 2022.

"Sorotan terbesar saya jelas adalah kehormatan besar bisa memimpin tim sebagai kapten dalam Piala Eropa di negeri kami musim panas lalu," ucap Gundogan.

Gundogan mengaku akan tetap menjadi pendukung setia tim Jerman dan berharap tren positif dapat berlanjut dengan target tampil di Piala Dunia 2026.

"Kami memiliki pelatih yang luar biasa, tim yang sangat kuat, dan semangat tim yang hebat," ujar Gundogan.

Gundogan mencatat debutnya saat Jerman menghadapi Belgia pada Oktober 2011. Namun dia melewatkan Piala Dunia 2014 karena cedera punggung dan Euro 2016 akibat cedera lutut.

Eks pemain Manchester City ini menjadi keturunan Turki pertama yang menjadi kapten Timnas Jerman dan tampil dalam empat turnamen besar.

Pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann, memberikan penghormatan kepada Gundogan dan menyatakan keinginannya untuk terus bekerja sama dengannya.

"Ilkay adalah kapten yang luar biasa, dengan siapa saya sangat ingin terus bekerja. Pintu tim nasional tidak pernah sepenuhnya tertutup, tetapi kami menghormati keputusannya dan mendoakan yang terbaik untuk masa depannya, baik secara profesional maupun pribadi," kata Julian Nagelsmann.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper