Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2 Atlet Panjat Tebing Indonesia Lolos Perempat Final Olimpiade Paris 2024

Dua atlet panjat tebing Indonesia, Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Salsabillah, merebut tiket ke babak perempat final Olimpiade Paris 2024.
Atlet panjat tebing Indonesia Desak Made Rita Kusuma Dewi / Reuters.
Atlet panjat tebing Indonesia Desak Made Rita Kusuma Dewi / Reuters.

Bisnis.com, JAKARTA - Dua atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Salsabillah, merebut tiket ke babak perempat final Olimpiade Paris 2024.

Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Salsabillah memulai perjuangan di babak penyisihan panjat tebing nomor speed Olimpiade Paris 2024 pada Senin (5/8/2024) petang waktu Indonesia.

Pada babak kualifikasi panjat tebing speed Olimpiade Paris 2024 diikuti oleh 14 atlet dari seluruh dunia.

Babak tersebut dibagi menjadi 2 tahapan, yaitu penyisihan (seeding heats) dan penyisihan eliminasi (Elimination heats).

Dalam babak penyisihan ini, setiap atlet masing-masing diberi kesempatan dua kali untuk melakukan aksi memanjat. Masing-masing atlet bakal melalui jalur A dan jalur B.

Catatan waktu pada babak seeding heats ini bakal memengaruhi peringkat atlet pada fase penyisihan eliminasi yang juga digelar pada Senin (5/8/2024).

Dalam babak tersebut, hanya 8 atlet dengan catatan waktu terbaik yang akan lolos ke babak perempat final yang akan digelar pada Rabu (7/8/2024).

Desak Made dan Rajiah mengawali laga kualifikasi di babak penyisihan unggulan. Desak Made melawan wakil Prancis, Capucine Viglione. Rajiah melawan Emma Hunt asal Amerika Serikat (AS).

Pertandingan sempat tertunda di awal kompetisi karena adanya kendala teknis terkait tombol papan waktu yang tidak berfungsi dengan benar.

Pada babak itu, Desak Made berhasil mencatatkan waktu 6,52 di jalur A dan 6,45 di jalur B. Dengan catatan waktu terbaik 6,45 detik, perempuan asal Bali itu berhasil menempati peringkat keenam.

Sementara, Rajiah meraih waktu 6,67 detik di jalur A dan 6,58 detik di jalur B. Catatan waktu terbaiknya, 6,58 detik, membuat dia harus puas menempati peringkat ketujuh di babak penyisihan unggulan.

Kualifikasi berlanjut ke babak penyisihan eliminasi. Dari hasil catatan waktu di penyisihan, Desak Made bertemu Piper Kelly dari AS. Sedangkan Rajiah bertemu wakil Spanyol, Leslie Adriana Romero Perez.

Babak itu menjadi penentu untuk kelolosan mereka ke babak perempat final alias fase gugur.

Desak Made memastikan diri lolos ke fase gugur setelah menaklukkan Kelly dengan catatan waktu 6,38 detik.

Sayangnya hasil positif itu tidak diikuti Rajiah. Sebab pada babak eliminasi kedua, Rajiah terpeleset saat berhadapan dengan lawannya.

Namun Rajiah berhasil mendapatkan tiket ke perempat final lewat jalur atlet yang kalah di babak eliminasi. Pasalnya, Rajiah punya catatan waktu paling bagus di penyisihan unggulan.

Rajiah punya catatan paling baik di antara semua atlet yang kalah yakni 6,58 detik.

Pertandingan perempat final speed putri Olimpiade Paris 2024 rencananya berlangsung pada Rabu (7/8/2024).

Selain 2 atlet putri, Indonesia juga mengirim 2 atlet panjat tebing putra yakni Rahmad Adi Mulyono dan Veddriq Leonardo.

Rahmad dan Veddriq akan melakoni babak kualifikasi pada hari ini, Selasa (6/8/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper