Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Kalbar Siapkan Acara Spesial Sambut Veddriq Leonardo sang Pahlawan Olahraga Nasional

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mempersiapkan acara penyambutan spesial untuk Veddriq Leonardo, atlet peraih medali emas di Olimpiade Paris 2024.
Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo meraih emas Olimpiade Paris 2024/ REUTERS-Benoit Tessier
Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo meraih emas Olimpiade Paris 2024/ REUTERS-Benoit Tessier

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mempersiapkan acara penyambutan spesial untuk Veddriq Leonardo, atlet panjat tebing peraih medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Pemprov Kalbar merancang acara penyambutan besar-besaran untuk kedatangan Veddriq Leonardo yang mengharumkan nama Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Veddriq yang juga mendapat julukan "Pahlawan Olahraga Nasional," dijadwalkan tiba di Pontianak, Kalbar, pada Rabu (21/8/2024).

"Untuk penyambutan [Veddriq] ini, kami sudah menggelar rapat bersama Kepala Kepolisian Daerah Kalbar, Irjen Pol. Pipit Rismanto, serta sejumlah pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kalbar," ucap Pj Gubernur Kalbar, Harisson, di Pontianak, Senin (19/8/2024).

Harisson menambahkan bahwa penyambutan ini bukan sekadar formalitas, melainkan bentuk apresiasi tertinggi dari Pemerintah Kalbar terhadap putra daerah yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Rangkaian acara penyambutan Veddriq akan dimulai dengan upacara pengalungan bunga di VIP room Bandara Supadio. Acara itu akan diiringi alunan musik tanjidor sebagai simbol kebanggaan dan penghormatan.

Selanjutnya Veddriq akan disambut oleh iring-iringan kendaraan yang akan melintasi sejumlah jalan utama di Pontianak, termasuk Jalan Arteri Supadio dan Jalan Ahmad Yani.

"Setelah tiba di Bandara Supadio, rombongan akan bergerak menuju Bundaran Taman Digulis, di mana Veddriq akan menyapa masyarakat dari atas mobil hias," ujar Harisson.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Kadisporapar) Provinsi Kalbar Windy Prihastari mengatakan, puncak acara akan berlangsung di Pendopo Gubernur Kalbar.

Di tempat tersebut Veddriq akan diberikan penghargaan khusus dari pemerintah setempat.

Panggung hiburan juga disiapkan untuk sesi apresiasi. Veddriq dijadwalkan berbagi cerita dalam sebuah podcast yang akan direkam di Venue Panjang Tebing Kawasan GOR Pangsuma.

"Persiapan ini mencerminkan betapa besarnya rasa bangga kami terhadap Veddriq. Ia bukan hanya membawa medali emas, tapi juga semangat dan inspirasi bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Kalimantan Barat," tutur Windy.

Atlet kelahiran Pontianak 11 Maret 1997 itu mengukir sejarah dengan menjadi satu-satunya atlet panjat tebing Indonesia yang berhasil lolos ke babak final dan menyabet medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Pada pertandingan final, Veddriq mencatat waktu 4,75 detik, menyamai rekor dunia dan mengalahkan lawan-lawannya dari berbagai negara.

Karier Veddriq di dunia panjat tebing telah dimulai sejak masa sekolah di SMA Negeri 6 Pontianak.

Dia lalu melanjutkan pendidikan di Universitas Tanjungpura dan terus menekuni olahraga yang membawanya hingga ke puncak prestasi di ajang internasional itu.

Keberhasilan Veddriq meraih emas Olimpiade Paris 2024 melengkapi sederet prestasinya di berbagai kejuaraan dunia.

Ia telah meraih enam gelar juara dunia IFSC Climbing World Cup dan kini namanya semakin bersinar sebagai salah satu atlet panjat tebing terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Kedatangan Veddriq Leonardo ke Kalbar akan menjadi momen bersejarah tidak hanya bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi seluruh masyarakat Kalbar yang menantikan sosok pahlawan olahraga pulang ke tanah kelahirannya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper