Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tembus Babak 16 Besar, Timnas Georgia Disambut Bak Juara Euro 2024

Sambutan meriah didapatkan skuad Timnas Georgia usai tersingkir di babak 16 besar Euro 2024 dari tangan Spanyol.
Sambutan meriah warga iringi kedatangan Timnas Georgia yang berlaga di Euro 2024 / Reuters-Irakli Gedenidze
Sambutan meriah warga iringi kedatangan Timnas Georgia yang berlaga di Euro 2024 / Reuters-Irakli Gedenidze

Bisnis.com, JAKARTA - Sambutan meriah didapatkan skuad Timnas Georgia usai tersingkir di babak 16 besar Euro 2024 dari tangan Spanyol.

Timnas Georgia harus mengakhiri perjalanan di Euro 2024 setelah kalah 1-4 dari Timnas Spanyol di babak 16 besar, Senin (1/7/2024) dini hari.

Selepas kekalahan itu, skuad Georgia langsung kembali ke negaranya pada Selasa (2/7/2024).

Dilansir dari Reuters, ribuan penggemar Georgia memadati alun-alun ibu kota negara, Tbilisi, untuk menyambut kedatangan Khvicha Kvaratskhelia dan kolega.

Para penggemar yang mengiringi bus Timnas Georgia bernyanyi dan bergembira bersama guna mengapresiasi perjuangan The Crusaders di Euro 2024.

"Bangsa ini penuh dengan kegembiraan. Saya juga sangat senang, sebagai warga negara Georgia pada umumnya," ujar salah seorang penggemar bernama Giorgi Bandeliani.

Kegembiraan rakyat Georgia cukup beralasan. Pasalnya, ini adalah kali pertama Georgia mengikuti turnamen sepak bola paling prestisius di Eropa yakni Euro.

Bahkan, Georgia mampu membuat kejutan dengan lolos dari fase grup dan mengalahkan juara Euro 2016, Portugal, dengan skor 2-0.

Rombongan skuad Timnas Georgia diarak dengan bus beratap terbuka dan naik ke atas panggung bertemu dengan Presiden dan Perdana Menteri Georgia.

Presiden Georgia Salome Zourabichvili memberikan penghargaan Order of Honor kepada seluruh pemain Timnas Georgia.

Order of Honor adalah penghargaan tertinggi untuk warga sipil di negara Georgia.

"Hari ini adalah keajaiban. Georgia seperti inilah yang saya inginkan," ucap presiden yang menyaksikan keempat pertandingan Timnas Georgia di Euro 2024 langsung dari stadion.

Meski hanya menembus babak 16 besar, perjuangan Georgia di Euro 2024 menginspirasi negara dengan jumlah penduduk 3,7 juta jiwa itu.

Selain mengalahkan Portugal, Georgia juga mampu menahan imbang langganan Euro, Republik Ceko, dengan skor 1-1.

"Kami telah menorehkan prestasi yang nyata. Saya pikir sekarang kemenangan akan dimulai. Sepak bola kami terlahir kembali dan hidup kembali," ucap salah satu penggemar bernama Nodar.

Rakyat Georgia berharap kiprah para pemain mampu membuat negara kecil mereka dipertimbangkan dalam percaturan sepak bola Eropa.

Georgia mempunyai beberapa pemain yang tampil menonjol di Euro 2024, seperti penyerang Georges Mikautadze yang mencetak 3 gol dan masuk jajaran top skor, penyerang Khvicha Kvaratskhelia yang kini bermain di Napoli, dan kiper Valencia Giorgi Mamardashvili yang tampil apik di bawah mistar gawang.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper