Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rapor Asean di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Thailand Paling Nyesek, Indonesia Sendirian

Timnas Indonesia mengukir sejarah dengan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sebagai satu-satunya wakil Asean.
Gelandang Timnas Indonesia Thom Haye / PSSI.
Gelandang Timnas Indonesia Thom Haye / PSSI.

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia mengukir sejarah dengan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Indonesia juga menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang melaju ke putaran selanjutnya.

Timnas Indonesia merebut 1 tiket ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sebagai runner-up Grup F.

Indonesia memastikan kelolosan setelah menang 2-0 atas Filipina dalam matchday terakhir yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Dua gol kemenangan Timnas Indonesia ke gawang Filipina dilesatkan oleh tendangan jarak jauh Thom Haye pada menit ke-32 dan tandukan Rizky Ridho pada menit ke-56.

Kemenangan ini membut Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sebagai satu-satunya wakil Asean.

Seluruh wakil Asia Tenggara mengalami hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebanyak 3 tim di antaranya malah jadi juru kunci grup.

Myanmar menempati posisi buncit di Grup B setelah menjadi bulan-bulanan Jepang, Korea Utara, dan Suriah.

Myanmar hanya mengantongi 1 poin dari 6 laga dan kebobolan 28 gol sepanjang fase grup.

Singapura pun demikian, di Grup C mereka menjadi juru kunci. Negeri Singa hanya meraih 1 poin karena imbang 1-1 kontra China. Singapura bahkan dibantai 0-7 oleh Korea Selatan.

Kemudian ada Filipina yang menduduki posisi keempat Grup F. The Azkals meraih 1 poin hasil dari menahan imbang Timnas Indonesia pada matchday kedua.

Vietnam yang tergabung bersama Indonesia dan Filipina di Grup F, mengalami nasib buruk setelah kalah 2 kali dari Garuda dengan skor 0-1 dan 0-3. Dua kekalahan itu membuat kans kelolosan The Golden Stars langsung mengecil. Walhasil mereka pun menduduki posisi ketiga dengan hanya mendulang 6 poin.

Malaysia sebenarnya terbilang nyaris lolos ke putaran ketiga. Harimau Malaya hanya berjarak 1 poin dari Kirgiztan yang menjadi runner-up Grup D. Negeri Jiran mengoleksi 10 poin dari 6 laga, sedangkan Kirgistan 11 angka. Hasil imbang 1-1 melawan Kirgistan pada laga kelima membuat Malaysia gagal lolos.

Kalau ada negara yang paling nyesek karena gagal lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, jawabannya pasti Thailand.

Bagaimana tidak, Thailand yang tergabung di grup berat bersama Korea Selatan dan China batal lolos hanya karena head to head.

Thailand mengoleksi 8 poin hasil dari 2 kali menang, 2 kali imbang, dan 2 kali kalah. Tim Gajah Perang bisa mengimbangi poin China yang menjadi runner-up Grup B.

Tak hanya itu, China dan Thailand benar-benar identik dalam hal poin (8) serta selisih gol (mencetak 9 gol dan kebobolan 9 gol).

Sesuai regulasi, penentuan peringkat di fase grup mengacu pada head-to-head setelah poin dan selisih gol seimbang.

Di sini ironisnya. Thailand kalah 1-2 dari China saat bermain kandang dan hanya imbang 1-1 saat melawat ke Negeri Tirai Bambu.

Hasil itu membuat China memastikan diri menjadi runner-up Grup B mendampingi Korea Selatan di pucuk klasemen.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper