Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuota Ditambah, 3 Tahapan Lagi Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia harus melalui 3 tahapan lagi sebelum mewujudkan mimpi besar tampil di Piala Dunia 2026.
Tahapan Timnas Indonesia untuk tampil di Piala Dunia 2026/PSSI
Tahapan Timnas Indonesia untuk tampil di Piala Dunia 2026/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia mencetak sejarah dengan lolos untuk kali pertama ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Setidaknya ada 3 tahapan lagi yang harus dilalui Timnas Indonesia untuk tampil di Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia menggenggam tiket ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kepastian itu diraih setelah skuad Garuda membekuk Filipina dalam laga terakhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia menang 2-0 atas Filipina berkat gol yang dicetak Thom Haye (32') dan Rizky Ridho (56').

Anak asuh Shin Tae-yong itu pun menduduki runner-up Grup F dengan torehan 10 poin dari 6 laga. Irak menjadi juara grup dengan poin sempurna, 18.

Di urutan kedua dan ketiga, ada 2 tim Asean yakni Vietnam (6 poin) dan Filipina (1 poin) yang dipastikan gagal lolos.

Keberhasilan menembus putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 layak disyukuri dan dirayakan karena menjadi yang pertama buat Timnas Indonesia.

Akan tetapi, Timnas Indonesia harus bersiap menghadapi lawan-lawan yang lebih berat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Ada raksasa sepak bola Asia seperti Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi yang juga lolos ke putaran ketiga dan berpeluang bertemu dengan Indonesia.

Tiket Piala Dunia 2026 memang masih cukup jauh dari jangkauan Timnas Indonesia. Setidaknya, Tim Merah Putih mesti melalui 3 tahapan lagi sebelum tampil di turnamen tertinggi antarnegara sedunia itu.

Tahapan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026

Putaran Ketiga

Putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 diisi oleh 18 tim yang lolos sebagai juara dan runner-up grup putaran kedua.

Nantinya ke-18 tim tersebut dibagi dalam 3 grup yang berisi masing-masing 6 tim.

Juara dan runner-up grup berhak atas tiket otomatis ke putaran final Piala Dunia 2026. Peringkat 3 dan 4 harus melalui putaran keempat.

Tim peringkat 5 dan 6 otomatis gugur dan tidak bisa melanjutkan ke putaran selanjutnya.

Putaran Keempat

Dari putaran ketiga ada 6 tim yang tampil di putaran keempat sebagai peringkat 3 dan 4 masing-masing grup di putaran ketiga lalu.

Keenam tim itu akan dibagi menjadi 2 grup yang dihuni oleh masing-masing 3 tim. Pertandingan putaran keempat digelar di tempat netral dan dalam single leg atau 1 kali bertanding.

Juara masing-masing grup di putaran keempat akan lolos ke Piala Dunia 2026. Adapun 2 tim runner-up harus melalui putaran kelima.

Putaran Kelima

Ini adalah babak terakhir sekaligus penentuan bagi wakil Asia untuk merebut 1 tiket ke Piala Dunia 2026.

Pada putaran kelima ini 2 runner-up dari putaran keempat akan bertanding dalam 2 leg. Pemenang laga tersebut akan lolos ke Piala Dunia 2026.

Sementara tim yang kalah di putaran kelima akan melakoni laga playoff antarkonfederasi atau bertanding dengan negara dari benua lain.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper