Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Rustam Lutfullin, Wasit Indonesia vs Filipina yang Dikenal Kontroversional

Laga Indonesia vs Filipina akan dipimpin oleh Rustam Lutfullin yang dikenal kontroversional karena keputusannya.
Rustam Lutfullin diakui sebagai wasit paling berbakat di Liga Super Uzbekistan pada Mei 2024/Twitter @pfl_uz
Rustam Lutfullin diakui sebagai wasit paling berbakat di Liga Super Uzbekistan pada Mei 2024/Twitter @pfl_uz

Bisnis.com, JAKARTA - Laga Indonesia vs Filipina akan digelar pada malam ini, Selasa (11/6/2024) pukul 19.00 WIB.

Timnas Indonesia harus menang melawan Filipina pada kesempatan ini untuk bisa lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Namun perjalanan Indonesia untuk bisa meraih poin tertinggi dalam Grup F ini tidaklah mudah. Pasalnya skuad Garuda juga harus was-was dengan wasit yang menjaga jalannya pertandingan ini.

Wasit yang akan mengawal laga Indonesia vs Filipina ini yakni Rustam Lutfullin asal Uzbekistan. Ini sosok dan profilnya.

Rustam Lutfullin merupakan wasit asal Uzbekistan berusia 33 tahun. Ia lahir di Bukhara, 5 April 1991.

Wasit berlisensi FIFA tersebut sempat viral gara-gara keputusan yang kontroversial di Asian Games 2022 di Huangzou China.

Meskipun dikenal kontroversional, ternyata Rustam baru saja meraih prestasi sebagai wasit terbaik Liga Super Uzbekistan edisi Mei 2024.

Sebelumnya, Rustam Lutfullin mendapat banyak protes dari pemain Korea Utara ketika menghadapi Jepang di babak perempat final Asian Games 2022.

Puncak kontroversi dimulai ketika Korea Utara berakhir kalah 1-2 dari Jepang. Wasit tersebut langsung "diserang" oleh para pemain Korea Utara yang tidak puas dengan hasil Rustam.

Ketidakpuasan para pemain memuncak saat para pemain diberi hasil kurang memuaskan saat Rustam memberikan penalti kepada Jepang setelah kiper mereka Kang Juh Yok dinilai melanggar Jun Nishikawa.

Hasil akhirnya, penalti yang dieksekusi oleh Yuta Matsumura pada menit ke-80 berhasil membuat Korea Utara takluk 1-2.

Kemudian pada 2023/2024, Rustam Lutfullin tercatat sudah dua kali memimpin pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Ia sebelumnya memimpin pertandingan Filipina vs Vietnam pada 16 November 2023 dan Pakistan vs Yordania pada 21 Maret 2024.

Hasilnya dua pertandingan yang dipimpin Rustam Lutfullin berakhir dengan kemenangan meyakinkan dari tim tamu. Vietnam mengalahkan tuan rumah Filipina 2-0, kemudian Yordania menang atas Pakistan 3-0.

Pada laga Filipina vs Vietnam, Rustam mengeluarkan lima kartu kuning. Sedangkan saat laga Pakistan vs Yordania, Rustam mengeluarkan empat kartu kuning.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper