Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laga Timnas Indonesia vs Filipina Dipimpin Wasit yang Pernah Diserang Korea Utara

Duel penentuan Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dipimpin oleh wasit asal Uzbekistan, Rustam Lutfullin.
Rustam Lutfullin, wasit kontroversial yang pimpin laga Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia / UZFHM.
Rustam Lutfullin, wasit kontroversial yang pimpin laga Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia / UZFHM.

Bisnis.com, JAKARTA - Duel penentuan Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dipimpin oleh wasit asal Uzbekistan, Rustam Lutfullin.

Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina dalam matchday terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Timnas Indonesia wajib mengamankan kemenangan untuk mengunci tiket ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Saat ini Timnas Indonesia menduduki posisi kedua klasemen Grup F dengan 7 poin dari 5 laga, unggul 1 angka di atas Vietnam.

Hanya saja, Timnas Indonesia mesti berhati-hati lantaran laga melawan Filipina nanti akan dipimpin oleh wasit kontroversial.

Rustam Lutfullin, wasit asal Uzbekistan yang akan memimpin jalannya laga penentuan untuk skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Rustam Lutfullin merupakan wasit kelahiran Bukhara, Uzbekistan, pada 5 April 1991. Usianya saat ini sudah memasuki 33 tahun.

Nama Rustam sempat menjadi pembicaraan kala memimpin pertandingan Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

Kala itu, Rustam mengadili laga Korea Utara kontra Jepang di babak perempat final. Hanya saja, kepemimpinan Rustam mendapat protes keras dari pemain.

Rustam "diserang" pemain Korea Utara setelah mereka kalah 1-2 dari Jepang. Para pemain Korea Utara menilai Rustam merugikan mereka.

Insiden yang paling memantik emosi pemain Korea Utara terjadi pada menit ke-80. Rustam menunjuk titik putih setelah pemain Jepang Jun Nishikawa dijatuhkan kiper Korea Utara, Kang Juh Yok.

Sontak keputusan itu mendapat protes keras dari pemain Korea Utara. Rustam bergeming, penalti pun diberikan kepada Jepang yang dieksekusi dengan sempurna oleh Yuta Matsumura menjadi gol kemenangan.

Rustam telah 2 kali menjadi wasit utama di gelaran Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Filipina vs Vietnam dan Pakistan vs Yordania.

Yang menarik, 2 laga tersebut dimenangi oleh tim tamu dengan skor terbilang meyakinkan. Vietnam menekuk Filipina 2-0 dan Yordania menang 3-0 atas Pakistan.

Wasit Terbaik Liga Uzbekistan pada Maret 2024 itu mencabut 5 kartu kuning untuk laga Filipina vs Vietnam dan 4 kartu kuning untuk Pakistan vs Yordania.

Kini Timnas Indonesia perlu berhati-hati agar keberuntungan tim tamu saat dipimpin Rustam Lutfullin tak berlanjut lagi.

"Ketika kemarin kita tidak bisa lolos ke Olimpiade, saya tidak berpikir kemampuan kami kurang. Namun, ada permasalahan di wasit. Sampai sekarang, pikiran saya tetap sama," kata Shin Tae Yong dalam konferensi pers jelang laga kontra Filipina, Senin (10/6/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper