Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Final Liga 1: Kalah Telak dari Persib, Cedera Jaja Awal Petaka Madura United

Caretaker Madura United, Rakhmat Basuki, mengungkapkan penyebab kekalahan timnya dari Persib Bandung dalam final leg pertama Liga 1 2023-2024.
Caretaker Madura United Rakhmat Basuki membeberkan penyebab kekalahan timnya dari Persib Bandung di final Liga 1 2023-2024 / Antara.
Caretaker Madura United Rakhmat Basuki membeberkan penyebab kekalahan timnya dari Persib Bandung di final Liga 1 2023-2024 / Antara.

Bisnis.com, JAKARTA - Caretaker Madura United, Rakhmat Basuki, mengungkapkan penyebab kekalahan timnya dari Persib Bandung dalam final leg pertama Liga 1 2023-2024.

Madura United mesti menelan pil pahit setelah takluk 0-3 dari Persib Bandung di final leg pertama Championship Series Liga 1 2023-2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (26/5/2024).

Laskar Sapeh Kerrab ditundukkan Maung Bandung lewat gol Ciro Alves dan David da Silva (2 gol) pada babak kedua.

Hasil ini membuat Madura United mesti bekerja keras membalikkan agregat 0-3 pada leg kedua final Liga 1 2023-2024 saat menjadi tuan rumah.

Pelatih sementara Madura United, Rakhmat Basuki, menyoroti cedera yang dialami pemain andalannya, Hugo Gomes alias Jaja.

Jaja mengalami cedera dan digantikan oleh Ricki Ariansyah pada menit ke-66. Selepas ditinggal Jaja, permainan Madura United yang sempat mengimbangi Persib jadi menurun.

Tak lama setelah Jaja ditarik keluar, Persib memecah kebuntuan melalui gol Ciro Alves pada menit ke-70. Brace David Da Silva pada menit ke-90+4 dan 90+12' mengunci kemenangan Maung Bandung.

Rakhmat tidak mau menyebut cedera yang dialami Jaja sebagai satu-satunya penyebab kekalahan 0-3 dari Persib.

"Jaja merupakan roh permainan kami. Saya akui itu. Tetapi seharusnya siapapun yang menjadi pengganti Jaja bisa melakukan tugas itu juga dengan baik. Saya harus mengganti Jaja karena saya melihat dia sudah cedera, saya khawatir di leg kedua kalau dipaksakan tidak bisa turun," ujar Rakhmat Basuki dalam konferensi pers setelah pertandingan, Minggu (26/5/2024).

"Memang tidak ada skenario untuk mengganti Jaja, tapi saya pikir seperti telah saya bilang tadi, siapapun yang jadi pengganti Jaja di lapangan, dia harus tampil lebih baik lagi," ucap dia.

Rakhmat pun mengaku sangat kecewa dengan kebobolan 2 gol tambahan dari David Da Silva pada menit akhir pertandingan.

Ketertinggalan agregat 0-3 membuat timnya semakin berat untuk membalikkan keadaan pada final leg kedua di Pulau Garam.

"Yang jelas, pertama adalah pemain kurang fokus, kehilangan konsentrasi, mereka lupa bahwa tim membutuhkan gol banyak ketika sistemnya adalah home-away. Ketika mereka bisa mencetak satu gol, maka mereka akan mengejar lagi untuk mencetak dua gol. Jadi fokus itu yang hilang dari pemain. Dan yang kedua adalah kepercayaan diri kami yang menurun," tutur Rakhmat.

Sebagai tim tamu, Madura United menerima tekanan besar dari publik tuan rumah melalui berbagai lagu dan yel-yel.

Meski demikian, Rakhmat menilai hal itu sama sekali tidak mengganggu penampilan tim dan justru membuat para pemainnya semakin termotivasi.

"Jadi saya pikir kekalahan malam ini bukan karena tekanan dari suporter, tapi memang karena Persib lebih efektif," ujar Rakhmat.

Kekalahan 0-3 membuat langkah Madura menjadi sangat berat pada leg kedua, tetapi Rakhmat tak mau putus asa untuk menyongsong pertandingan selanjutnya.

"Yang jelas kalau rasa optimis harus ada. Meskipun itu sangat berat mengejar ketertinggalan dari tim sekelas Persib, jelas bukan perkara mudah. Kami juga harus persiapkan dengan benar-benar serius, karena ini apalagi tidak ada gol tandang ya," tutur Rakhmat.

Persib hanya membutuhkan hasil imbang atau kalah dengan skor maksimal 0-2 dari Madura United untuk dapat menjadi juara Liga 1 2023-2024.

Adapun Madura United perlu menang dengan skor minimal 4-0 untuk dapat membalikkan agregat dan merebut gelar juara.

Leg kedua final Liga 1 2023-2024 akan digelar di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, pada Jumat (31/5/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper