Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jawab Kritik Soal Harga Tiket Timnas Indonesia, PSSI: Timnas Kuat Butuh Dana Besar

PSSI menanggapi kritik soal naiknya harga tiket Timnas Indonesia melawan Irak dan Filipina pada fase grup putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.
PSSI jawab kritik soal mahalnya harga tiket Timnas Indonesia vs Irak. / PSSI.
PSSI jawab kritik soal mahalnya harga tiket Timnas Indonesia vs Irak. / PSSI.

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menanggapi naiknya harga tiket Timnas Indonesia melawan Irak dan Filipina pada fase grup putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Anggota Komisi Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengatakan bahwa kenaikan harga tiket ini sangat berat dilakukan oleh pihak PSSI.

Namun, seiring meningkatnya kualitas Timnas Indonesia, Arya menyebut hal tersebut memerlukan pendanaan yang semakin besar juga.

"Perlu kalian tahu, ini memang berat sekali bagi kita PSSI untuk membuat harga seperti sekarang ini. Kenapa? Karena kalau timnasnya makin kuat, butuh pendanaan makin besar," kata Arya Sinulingga kepada wartawan, Kamis (16/5/2024).

Arya pun menyebut harga tiket timnas yang saat ini mengalami kenaikan seiring dengan adanya peningkatan dari kualitas Timnas Indonesia.

Contohnya, saat Piala Asia U-23, Timnas U-23 Indonesia lolos hingga babak semifinal sehingga membutuhkan dana tambahan untuk penginapan dan akomodasi lainnya di Qatar.

Selain itu, setelah kalah pada babak semifinal dan perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024 melawan Irak, pendanaan timnas kembali bertambah untuk melakoni laga playoff melawan Guinea di Paris untuk merebutkan tiket Olimpiade 2024.

"Karena kita mengejar Olimpiade 2024 Paris, ketika kita kalah kemarin (vs Irak U-23), kita masuk playoff. Butuh pendanaan lagi, naik pesawat, kemudian akomodasi, dan sebagainya. Yang tadinya cukup mungkin dari Doha, Qatar, ini ke Paris, Prancis, lalu ke Indonesia," ujarnya.

Selain faktor Piala Asia U-23, Arya pun mengatakan kenaikan ini juga selaras dengan harapan para masyarakat Indonesia agar Tim Garuda bisa melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Arya menjabarkan, jika Indonesia masuk ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, timnas bakal melakoni 10 laga yang membutuhkan pendanaan untuk penginapan, akomodasi, dan lainnya.

"Jadi, memang Timnas Indonesia makin kuat, pendanaan makin besar. Maka, dibutuhkan dana yang banyak. Jadi tidak ada kita cari untung. Ini semua untuk membiayai Timnas Indonesia salah satunya," ucap Arya.

Lebih lanjut, Arya menuturkan bahwa memang ada pendapatan dari hak siar televisi. Namun, Arya menyebut pendapatan tersebut belum cukup dan cara lain untuk menambah pendanaan yaitu melalui penjualan tiket.

Meski menurutnya pendapatan dari tiket belum terlalu besar, tapi akan berpengaruh untuk membuat Timnas Indonesia semakin kuat nantinya.

"Jadi, minta maaf sekali, terpaksa kita lakukan hanya untuk Timnas Indonesia bisa bertanding tanpa memikirkan uang, yang mereka tahu hanya bertanding. Sekali lagi saya minta maaf," tutur Arya.

Berikut harga tiket Timnas Indonesia vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

Premium East & West

  • Harga terusan: Rp2.250.000
  • Harga satuan: Rp1.250.000

Garuda East & West

  • Harga terusan: Rp1.500.000
  • Harga satuan: Rp850.000

Garuda North & South

  • Harga terusan: Rp1.000.000
  • Harga satuan: Rp550.000

Upper Garuda

  • Harga terusan: Rp450.000
  • Harga satuan: Rp250.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper