Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indra Sjafri Tes 7 Pemain Keturunan Timnas U-20 Indonesia di Toulon Cup 2024

Pelatih Timnas U-20 Indonesia Indra Sjafri menyebut ada 7 pemain keturunan yang akan bergabung dengan Garuda Muda.
Pelatih Timnas U-20 Indonesia Indra Sjafri sebut ada 7 pemain keturunan yang mau bela Garuda Muda / Antara.
Pelatih Timnas U-20 Indonesia Indra Sjafri sebut ada 7 pemain keturunan yang mau bela Garuda Muda / Antara.

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas U-20 Indonesia Indra Sjafri menyebut ada 7 pemain keturunan yang akan bergabung dengan Garuda Muda.

Indra Sjafri mengatakan, ketujuh pemain itu memiliki darah keturunan Indonesia dan sudah setuju untuk bergabung dalam Timnas U-20 Indonesia.

Indra mengatakan, awalnya ia sempat kesulitan mencari pemain keturunan yang bersedia gabung Timnas U-20 Indonesia.

"Peran Ketum (Ketua Umum PSSI Erick Thohir) untuk anak-anak keturunan menjadi hal yang sangat signifikan untuk menguatkan mereka gabung," ucap Indra Sjafri kepada wartawan di kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Indra Sjafri belum mau menyebut nama ketujuh pemain keturunan di Timnas U-20 Indonesia.

Namun, ia telah bertemu langsung dengan para pemain yang merasa yakin untuk bergabung dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Dia menceritakan pada awalnya sulit untuk mengajak para pemain muda tersebut bermain untuk membantu negara leluhurnya (Indonesia).

Indra menambahkan, ketika ia datang langsung ke Belanda, ketujuh pemain tersebut datang bersama orang tuanya.

Upaya pendekatan itu, kata dia, atas arahan Ketua Umum PSSI untuk mencari dan membentuk tim terbaik dari semua anak bangsa atau memiliki darah keturunan orang Indonesia di berbagai negara.

"Dan apa yang kami sampaikan kepada mereka, kenapa mereka yakin, tidak terlepas dari background Ketum PSSI Erick Thohir. Kami ceritakan beliau punya klub, dan mereka searching dan mereka sangat yakin," kata dia.

Eks pelatih Timnas U-19 Indonesia itu mengatakan, para pemain muda tersebut juga yakin bergabung dengan Indonesia karena mereka melihat sendiri kemajuan sepak bola Indonesia ke arah yang lebih baik.

Ia mengatakan, para pemain yang diincar harus yang terbaik sesuai kriteria yang dibutuhkan tim, sehingga perlu cara yang berbeda untuk menetapkan dan memutuskan bahwa mereka pemain yang bagus.

"Kalau pemain timnas senior, informasi sudah banyak tentang background-nya untuk menentukan bagus atau tidaknya," ujarnya.

Oleh sebab itu, ia melanjutkan, dirinya telah meminta bantuan Ketua Umum PSSI untuk mengajak ketujuh pemain itu untuk bergabung dalam Turnamen Toulon 2024 di Prancis.

Mereka akan diajak untuk ikut berlatih di Toulon sekitar 5 sampai 7 hari, setelah itu akan diupayakan agar bisa bermain di Turnamen Toulon 2024.

"Setelah itu baru disimpulkan setelah turnamen apakah mereka akan dilanjutkan proses naturalisasi," ujarnya.

Indra Sjafri memastikan dirinya sebagai pelatih akan bertanggung jawab terhadap pemain yang saya pilih. Ia sempat merasa khawatir karena hal ini menyangkut masa depan dari pemain.

"Saya cukup hati-hati dan menginginkan banyak informasi yang akan ditetapkan nanti," kata pelatih asal Sumatra Barat itu.

Turnamen Toulon alias Toulon Cup tahun ini akan digelar pada 3 Juni hingga 16 Juni 2024 di Bouches-du-Rhone, Prancis. Turnamen ini adalah agenda tahunan yang diikuti oleh pemain-pemain muda dari seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper