Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapten Timnas U-17 Putri Indonesia Petik Pelajaran Penting dari Piala Asia U-17

Kapten Timnas U-17 Putri Indonesia, Zaira Kusuma, bersyukur dan bangga bisa membela Garuda Pertiwi di Piala Asia U-17 Putri 2024.
Kapten Timnas U-17 Putri Indonesia Zaira Kusuma / PSSI.
Kapten Timnas U-17 Putri Indonesia Zaira Kusuma / PSSI.

Bisnis.com, JAKARTA - Kapten Timnas U-17 Putri Indonesia, Zaira Kusuma, bersyukur dan bangga bisa membela Garuda Pertiwi di Piala Asia U-17 Putri 2024.

Timnas U-17 Putri Indonesia menutup Piala Asia U-17 Putri dengan kekalahan 0-9 dari Korea Utara di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (12/5/2024).

Meski kalah telak, kapten Timnas U-17 Putri Zaira Kusuma mengaku tetap bangga dan bersyukur atas kesempatan yang ia dapatkan.

Dia mengatakan bahwa tim sudah berjuang keras agar tidak kebobolan lebih banyak dari laga sebelumnya melawan Korea Selatan yang berkesudahan 0-12.

"Kita sebelum mulai pertandingan pasti memang selalu punya target untuk menang, hanya saja karena kita tahu posisi kita di mana pada event ini, apapun yang terjadi saya katakan ke teman-teman, jangan sampai kalah hingga dua digit. Seperti kemarin, rasanya amat sakit. Kita bersyukur hal itu terjadi (kalah tak lebih dua digit)," ucap Zaira Kusuma.

Zaira pun mengungkapkan bagaimana situasi dan kedekatan para pemain di Timnas U-17 Putri Indonesia.

Menurutnya, para pemain Garuda Pertiwi sudah menjalin kekompakan baik di dalam maupun luar lapangan.

"Kita lebih sering kumpul di ruang medis, di situ kita kumpul, kita juga suka berenang bersama, bermain voli, jadi interaktif saja di dalam dan luar lapangan. Sebab kalau hanya dilakukan di dalam lapangan saja, kita tentu tak akan kompak satu sama lain," kata dia.

Zaira mengatakan, dirinya memetik banyak hal penting dari partisipasi Timnas U-17 Indonesia di Piala Asia U-17 Putri.

Yang jelas, lanjut Zaira, Timnas Putri Indonesia harus berjuang lebih keras untuk memangkas ketertinggalan dari negara-negara lain.

"Banyak hal yang perlu kita pelajari selama turnamen ini berlangsung, kita hanya ingin mengisi celah yang ada dengan negara lain, untuk itu setelah ini saya akan terus belajar dan memperbaiki diri supaya bisa mendekati celah terdekat yang rasanya jauh sekali,” ucap dia.

"Saya akan menambah jam latihan lagi nanti, karena ini bukan titik akhir kita, kita masih 17 tahun, perjalanan kita masih sangat panjang, saya akan tetap terus berlatih," ucap pemain yang karib disapa Zoe itu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper