Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Piala Asia, Jay Idzes dan Nathan Disiapkan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan membeberkan rencana timnas Indonesia untuk 2 pemain naturalisasi baru, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.
Pemain naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On disiapkan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026/PSSI.
Pemain naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On disiapkan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026/PSSI.

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan membeberkan rencana timnas Indonesia untuk 2 pemain naturalisasi baru, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Endri Erawan berharap dua calon pemain naturalisasi timnas Indonesia, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, akan bermain pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kedua pemain tersebut rencananya disiapkan saat timnas Indonesia melawan Vietnam pada Maret 2024.

"Kami berharap bisa tambah satu atau dua pemain, Jay Idzes maupun Nathan dalam Kualifikasi [Piala Dunia 2026] pada Maret nanti menghadapi Vietnam dan tiga pertandingan lainnya home dan satu away," ucap Endri Erawan, Kamis (28/12/2023).

PSSI, lanjut Endri, terus berkomunikasi dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (Asian Football Confederation/AFC) terkait kemungkinan tersebut.

Jika tidak memungkinkan, diharapkan Jay maupun Nathan bisa bermain di turnamen berikutnya.

Idzes dan Nathan memiliki peluang untuk mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2026, setelah dipastikan tak bisa membela timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Pasalnya, pendaftaran pemain Piala Asia 2023 sudah ditutup, sementara kedua pemain itu belum mengurus perpindahan federasi.

Endri cukup menyayangkan absennya Jay dan Nathan dalam Piala Asia 2023, padahal kedua pemain itu telah disertakan oleh Shin Tae-Yong dalam daftar calon pemain timnas Indonesia.

"Apa mau dikata, pendaftaran sudah ditutup," tuturnya.

Jay Idzes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai menjalani pengambilan sumpah pewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Kamis (28/12/2023).

Setelahnya, pemain berusia 23 tahun tersebut akan mengurus paspor Indonesia dan perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI.

Sementara Nathan akan menjalani upacara sumpah WNI pada Januari 2024 setelah berhalangan hadir pada pengambilan sumpah hari ini karena masih ada agenda dengan klubnya, Swansea City.

Dalam kesempatan yang sama, Jay Idzes mengaku senang sudah mengucapkan sumpah pewarganegaraan sebagai salah satu proses naturalisasi menjadi bagian dari timnas Indonesia.

"Saya ingin bermain secepatnya dan menikmati permainan dengan tim. Saya senang di sini," ucap Jay.

Pesepak bola asal Belanda tersebut pun merasa sangat terhormat bisa menjadi bagian dari timnas Indonesia yang merupakan negara asal kakeknya (ayah dari ibunya).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper